Pelihara Anjing Tingkatkan Kesehatan Jantung

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 17:34 WIB
Pelihara Anjing Tingkatkan Kesehatan Jantung Memelihara anjing berpotensi membuat seseorang lebih aktif secara fisik. Foto: izinnikas/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya bisa menjadi teman setia, lucu dan menggemaskan. Penelitian terbaru menunjukkan memelihara anjing baik untuk kesehatan jantung.

Studi anyar yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings menyatakan, memiliki hewan peliharaan terutama anjing, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Hasil studi ini didapat setelah peneliti menganalisis informasi kesehatan dan sosial ekonomi lebih dari 2.000 orang di Republik Ceko pada tahun 2013-2014. Peneliti juga menjadwalkan evaluasi tindak lanjut setiap lima tahun sekali hingga 2030.



Pada evaluasi pertama tahun 2019, peneliti melihat informasi responden yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Para peneliti membandingkan skor kesehatan kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, antara para pemilik hewan peliharaan dan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Secara umum, orang yang memiliki hewan peliharaan lebih aktif secara fisik daripada yang tidak. Mereka juga cenderung memiliki diet sehat dan kadar gula darah yang stabil.

Secara spesifik, pemilik anjing mendapatkan manfaat untuk kesehatan jantung paling besar ketimbang pemilik hewan peliharaan lain. Ini berlaku untuk semua pemilik anjing di berbagai usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan.


Dikutip dari CNN, peneliti Francisco Lopez-Jimenez mengatakan memiliki anjing sebagai peliharaan dapat meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan jantung.

Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa memiliki anjing berhubungan dengan aktivitas fisik yang lebih banyak.

Secara umum, sejumlah penelitian mendapati memiliki hewan peliharaan terbukti dapat mengurangi stres, memperbaiki kepercayaan diri, dan lebih baik dalam bersosialisasi.


[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)