Isabel Toledo, Desainer Gaun Michelle Obama Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 08:13 WIB
Isabel Toledo, Desainer Gaun Michelle Obama Meninggal Dunia Isabel Toledo, perancang busana yang merancang gaun pelantikan mantan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama meninggal dunia.(AP Photo/Lynne Sladky)
Jakarta, CNN Indonesia -- Isabel Toledo, perancang busana yang merancang gaun pelantikan mantan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama meninggal dunia. Dia meninggal pada Senin (26/8) di sebuah rumah sakit di Manhattan, Amerika Serikat.

Toledo merancang gaun berwarna kuning lemon yang matching dengan coat berwarna senada Michelle Obama. Gaun ini mendadak populer dan terkenal karena dipakai Michelle saat pelantikan suaminya pada 2009 lalu.

Perancang yang berusia 59 tahun ini meninggal karena kanker payudara yang dideritanya.



Toledo menarik perhatia Obama setelah dia memakai gaun lemon ini saat pelantikan Obama. Obama sudah menjadi penggemar karya-karya Toledo jauh sebelum dia memakai gaun lemon tersebut.

Gaun ini jadi populer karna banyak orang bertanya-tanya tentang warna asli gaunnya. Mereka binggung bagaimana menggambarkan warnanya yang tak kuning dan tak hijau.

"Saya menyebutnya warna serai, karena itu tak kuning dan tak hijau," katanya kepada AP saat itu.

Gaun Michelle Obama yang dirancang ToledoFoto: AP Photo/Charles Dharapak
Gaun Michelle Obama yang dirancang Toledo

Obama bukan satu-satunya orang terkenal yang menggemari karya Toledo. Selebriti lain seperti Demi Moore, Debi Mazar, dan Debra Messing adalah selebriti yang memakai karyanya.


Toledo adalah seorang perancang keturunan Amerika Kuba. Dia tiba di New Jersey dari Kuba saat remaja. Dia adalah seorang desainer independen yang lebih memilih pameran di museum ketimbang runway pada 1990-an. Dia sempat bekerja sebagai direktur kreatif untuk Anne Klein dari 2006-2007. Dia juga sempat mengeluarkan koleksi sendiri dala kolaborasinya dengan Payless dan juga proyek aksesori lainnya. (chs)