Ragam Manfaat Buah Naga, Bisa Sembuhkan Sel Tubuh Rusak

CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 06:18 WIB
Buah naga punya ragam manfaat untuk kesehatan dan terbukti mampu melindungi sel di dalam tubuh dari kerusakan dan mencegah beberapa penyakit. Ilustrasi buah naga. (stokpic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Buah naga atau dikenal dengan nama pirahaya tergolong buah tropis yang dikenal karena kulit merahnya yang cerah dan pulpa berbintik biji yang manis. Buah naga disebut-sebut berasal dari selatan Meksiko dan Amerika Tengah. Namun saat ini bisa ditemukan dan dibudidayakan di mana saja.

Dua jenis buah naga yang paling sering dijumpai ialah dengan daging merah cerah dan serta daging putih, keduanya memiliki kulit buah yang menyerupai sisik naga.


Secara umum rasanya mirip dengan buah tropis lainnya. Banyak yang mengatakan rasanya seperti kiwi dan pir. Tak hanya bentuk dan rasanya yang unik, buah naga juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan sehingga membuatnya cepat populer beberapa tahun terakhir ini. 

Berikut ragam manfaat buah naga bagi kesehatan yang dirangkum dari beberapa situs. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk kualitas makanan. Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel-sel darah putih bertugas menyerang dan menghancurkan zat-zat berbahaya. Namun, sel bernama lain leukosit ini sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas. Dengan banyak asupan vitamin C,  polifenol, flavonoid, dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih.


Mengontrol diabetes 

Konsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau orang dengan pre-diabetes.

Beberapa penelitian menemukan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi buah naga mengalami penurunan gula darah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi buah naga. Lebih lanjut, konsumsi buah naga pada orang dengan pre-diabetes juga menunjukkan pengurangan glukosa darah yang lebih besar. 

Perlindungan terhadap kanker



Ragam Manfaat Buah Naga, Bisa Sembuhkan Sel Tubuh RusakRadikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Buah naga mengandung antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel seperti kanker. (Foto: iStock/FatCamera)

Buah naga juga memiliki sifat antikanker, terutama kanker usus besar. Karoten dan likopen yang ditemukan dalam buah-buahan ini adalah antioksidan yang memiliki kualitas antikarsinogen. Mereka dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat dan mengecilkan ukuran tumor. 

Asupan likopen yang kurang dari 2.498 mikrogram per hari meningkatkan risiko kanker prostat. Sedangkan asupan buah-buahan, sayuran, atau makanan tinggi likopen yang disertai dengan aktivitas fisik dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat secara signifikan. 


Sehat untuk jantung


Ragam Manfaat Buah Naga, Bisa Sembuhkan Sel Tubuh RusakBiji hitam pada daging buahnya mengandung asam lemak baik yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)


Buah naga diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, buah naga juga dapat membantu jantung tetap sehat karena kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya. 

Tak hanya itu, biji-biji kecil hitam pada buah naga ternyata juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Menurut penelitian dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji tersebut mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami. Ketiga komponen itu menurunkan trigliserida yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Melancarkan pencernaan

Untuk memperlancar pencernaan, kita perlu mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan serat, seperti buah naga. Dalam 100 gram buah naga segar terkandung 1 gram serat yang menjadikan buah naga sebagai makanan serat tinggi. 

Mengutip Medical News Today, berdasarkan studi dalam Electronic Journal of Biotechnology, rutin makan buah naga bisa melancarkan sistem pencernaan dan memelihara bakteri usus. Buah naga mengandung karbohidrat yang disebut oligosaccharides yang membantu merangsang pertumbuhan bakteri sehat di lambung dan usus.

Dokter juga menyebut bakteri ini mendukung banyak aspek kesehatan manusia seperti melancarkan pencernaan, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko infeksi usus.


Baik untuk ibu hamil


Ragam Manfaat Buah Naga, Bisa Sembuhkan Sel Tubuh RusakKandungan kalsium dalam buah naga membantu perkembangan tulang janin. (Foto: Istockphoto/ Shironosov)


Buah naga bermanfaat bagi wanita hamil karena mengandung zat besi, vitamin B dan folat. Studi menunjukkan bahwa zat besi membantu dalam mencegah anemia dan kekurangan hemoglobin. Sedangkan vitamin V dan folat membantu mencegah cacat lahir sekaligus meningkatkan energi sang ibu. 

Selain itu, kandungan kalsium di dalam buah naga, membantu perkembangan tulang janin, sehingga berkontribusi pada kehamilan yang sehat. 

Itulah manfaat mengonsumsi buah naga. Tak hanya rasanya yang enak dan segar, buah naga juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh dan meminimalisasi datangnya penyakit. Ketimbang mengonsumsi vitamin dan antioksidan dalam bentuk suplemen atau obat-obatan, jauh lebih baik memakannya secara alami seperti buah yang jelas tanpa efek samping.

[Gambas:Video CNN]

(che/DAL)