Bahaya Lepas Sepatu Saat di Pesawat

tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 13:34 WIB
Bahaya Lepas Sepatu Saat di Pesawat Sebelum memutuskan untuk melepas sepatu di penerbangan, pastikan dulu kalau kaki Anda benar-benar bersih dan tak bau kaki.(Istockphoto/electravk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika berada di dalam penerbangan jarak jauh, memakai sepatu lengkap dengan kaos kakinya pasti akan terasa tak nyaman. Gerah dan mungkin saja bau.

Akibatnya, melepas sepatu dan bertelanjang kaki jadi alternatif yang lebih nyaman selama penerbangan. Namun hati-hati, meski tak ada larangan untuk melepas alas kaki selama penerbangan, namun sebaiknya Anda tak melakukan hal ini.

Dalam setiap kondisi, pramugari tentunya telah memahami situasi yang dapat membahayakan, salah satunya ketika melihat penumpang jalan-jalan tanpa alas kaki. 


Melansir dari situs Reader's Digest, melepas sepatu dan bertelanjang kaki akan membuat Anda lebih berisiko terpapar kuman. Tak dimungkiri, pada benda apapun, kuman akan selalu ada, terlebih pada toilet di pesawat. Walau terlihat bersih, nyatanya itu tak benar-benar bersih.


Kamar mandi hanya diberi semprotan desinfektan, di lap dan diisi ulang tisu toilet. Kebersihan kamar mandi pesawat ada pada pihak maskapai karena tidak bergantung pada Administrasi Penerbangan Federal. 

Ukuran kamar mandi yang sangat kecil, dapat memudahkan bakteri lebih cepat menyebar. Jadi jika Anda melepaskan alas kaki, sama saja untuk mengundang kuman masuk dan menempel pada tubuh. 

ilustrasi kabin pesawatFoto: Dok. Freeuse
ilustrasi kabin pesawat


Selain terkena kuman di kamar mandi, Anda tidak akan pernah tahu jika ada seorang penumpang yang sakit menularkan bakterinya melalui karpet pesawat. Diketahui, karpet pesawat hanya dibersihkan pada tempat yang kotor, tidak seluruh area. Ini bisa menyebabkan penyebaran bakteri pada kaki Anda.

Selain berbahaya, melepas alas kaki juga suatu etiket yang dianggap menjijikan. Dengan meletakkan kaki di atas sandaran tangan bangku depan Anda, akan mengganggu orang lain dan dianggap tidak sopan. 

Tony Kuna, mantan seorang Pramugari awak kabin mengatakan selain bau, kaki telanjang karena melepas sepatu akan membuat seseorang tak terlindungi dengan baik dalam keadaan darurat.


"Selama keadaan darurat, Anda bisa merusak kaki saat berlari di lorong yang dipenuhi pecahan kaca, api, dan pecahan logam," katanya dilansir dari media The Sun. 

Tony menyarankan, bawalah sandal ringan seperti sandal hotel jika Anda ingin melepas alas kaki dan membiarkan jari-jari kaki Anda menghirup udara segar.

Namun perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk melepas sepatu di penerbangan, pastikan dulu kalau kaki Anda benar-benar bersih dan tak bau kaki. (dei/chs)