8 'Strategi' Bersantap di Kapal Pesiar

CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 18:43 WIB
8 'Strategi' Bersantap di Kapal Pesiar Ilustrasi. (Istockphoto/_jure)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal pesiar biasanya menyajikan menu prasmanan 24 jam untuk tamunya. Bagi yang gemar makan, tentu saja konsep ini menyenangkan.

Namun menu prasmanan bisa saja mendatangkan penyakit jika tak disantap dengan strategi. Sakit saat liburan di kapal pesiar tentu saja menjadi hal yang menyebalkan.

Dikutip dari Cruise Critic pada Rabu (28/8), berikut sejumlah tips santap prasmanan di kapal pesiar:


1. Sushi

Praktis, adalah salah satu alasan orang menyantap sushi.

Tapi jika sushi sudah berlalu lama di meja prasmanan sebaiknya jangan disantap agar terhindar sakit perut akibat menyantap hasil laut mentah yang tak lagi segar.


2. Es krim

Menu prasmanan di kapal pesiar juga biasanya menyajikan es krim yang bisa langsung diambil tamu.

Bersihkan corong mesin es krim dengan tisu bersih sebelum menggunakannya.

Hindari pemakaian cone es krim yang mungkin saja sudah disentuh tamu lain. Gunakanlah mangkuk.

3. Telur orak-arik

Sama seperti sushi, telur orak-arik yang sudah lama tersaji biasanya sudah tidak segar dan bisa mengakibatkan sakit perut.

Daripada mengambil telur yang sudah tersaji, tak ada salahnya meminta pelayan menyajikan telur orak-arik yang dimasak terlebih dahulu.

4. Pizza

Pizza yang sudah lama tersaji biasanya diberi taburan keju yang lebih banyak agar tampak lebih baru.

Kalau tak ingin kecewa dengan rasa pizza yang mungkin sudah melempem, jangan makan pizza yang tersaji di meja prasmanan.

5. Saus

Botol sambal, kecap, dan bumbu lainnya yang tersaji di restoran mungkin saja mengandung bakteri dari tangan-tangan tamu sebelumnya.

Bersihkan botol saus atau bumbu dengan tisu bersih sebelum digunakan agar tak tertular bakteri yang dari tangan tamu lain.


6. Informasikan pelayan

Jika melihat tamu menaruh kembali makanan yang sudah diambilnya dengan tangan, atau melihat sendok makanan ditaruh di tempat yang salah, atau melihat kotoran masuk ke makanan, segera kabarkan pelayan sehingga mereka bisa melakukan penggantian makanan atau alat makan.

7. Makan cukup

Menu prasmanan memang menggoda tamu untuk mengambil makanan dengan banyak. Ketahuilah bahwa cara makan seperti ini bisa membuat berat badan naik drastis.

Makanlah satu piring dalam sekali santap. Jika masih belum kenyang, silakan ambil piring kedua setelah piring pertama selesai.

Mengambil makanan terlalu banyak juga berimbas makan terbuang sia-sia, yang akhirnya menjadi tumpukkan sampah dan mengganggu kelestarian alam.

8. Hindari manis

Bagi yang ingin tetap menjaga kesehatan selama wisata kapal pesiar mulailah dengan mengurangi makanan manis, seperti kue, seharian.

Beri waktu khusus untuk makan kue, seperti hanya setelah makan malam, agar tubuh tidak terus-terusan menginginkan gula.

(ard/ard)