Mengenal Gangguan Cemas yang Dialami Mina 'TWICE'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 19:52 WIB
Mengenal Gangguan Cemas yang Dialami Mina 'TWICE' Saat rasa cemas mulai sulit dikendalikan hingga mengganggu kegiatan, maka rasa cemas perlu jadi perhatian.Foto: dok. JYP Entertainment
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasa cemas wajar sangat mungkin hadir di tengah segudang tanggung jawab dan tuntutan pekerjaan. Namun rasa cemas berlebihan bisa 'berbahaya' seperti yang dialami Mina personel girlband TWICE.

Mina dikabarkan absen dari tur dunia bahkan penerimaan penghargaan Soribada 2019. Kondisi ini membuatnya haris beristirahat di kediamannya di Osaka, Jepang.

"Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan, diagnosa kondisi Mina adalah gangguan kecemasan. Gejalanya adalah kecemasan terus menerus dan terjadi tak terduga. Tingkat kecemasan juga berubah mendadak," tulis JYP Entertainment dalam laman resminya.



Lalu, apa itu gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan timbul akibat masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi.
Sehingga rasa cemas menjadi terlalu sering muncul tanpa ada tekanan sebelumnya, bahkan tanpa diikuti alasan kuat.

Orang dengan gangguan kecemasan bisa merasa sangat khawatir terhadap berbagai hal sehingga mengganggu atau bahkan menggagalkan aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini masuk dalam gangguan kesehatan mental. Sehingga butuh penanganan khusus untuk bisa kembali pulih. Bukan tak mungkin orang dengan gangguan kecemasan juga memerlukan sejumlah obat.

Ada beberapa faktor yang membuat orang berisiko mengalami gangguan kecemasan yakni pengalaman yang menyebabkan trauma atau stres, konsumsi obat tertentu, dan penyakit seperti gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

Gangguan kecemasan bisa dibagi menjadi tiga yakni, gangguan panik (panic disorder), gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder) dan gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder).

Gangguan panik

Gangguan panik atau panic disorder biasanya ditandai dengan serangan panik tiba-tiba dan berulang, tanpa alasan yang jelas. Rasa panik pun kadang disertai rasa berdebar, tubuh berkeringat, nyeri pada dada, ketakutan, dan merasa seperti tidak berdaya.

Saat panik menyerang, disarankan untuk menarik napas dalam-dalam lewat hidung dan hembuskan perlahan lewat mulut.


Gangguan kecemasan sosial

Gangguan kecemasan sosial atau social anxiety disorder, dikenal juga dengan istilah fobia sosial. Orang dengan gangguan kecemasan sosial biasanya merasa takut , cemas luar biasa, saat berinteraksi dengan orang lain atau di hadapan banyak orang.

Orang dengan situasi ini cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, menghindari bertatapan mata dengan orang lain, takut dikritik atau dihakimi, dan malu bepergian ke luar rumah atau berada di tempat umum. Jika sudah begini, tenaga kesehatan akan memberikan obat pereda cemas dan antidepresan. Termasuk terapi perilaku kognitif.

Gangguan kecemasan umum

Gangguan kecemasan umum atau generalized anxiety disorder ditujukan pada orang yang merasakan cemas berlebihan dan menetap dalam waktu lama. Orang dengan gangguan ini biasanya sulit berkonsentrasi, tidak bisa merasa santai, bahkan gampang sekali terkena depresi.

Gangguan ini kerap disertai gejala otot tegang, gemetar dan keringat dingin, susah tidur, sesak napas, sering merasa lelah, dan tidak nafsu makan.

Untuk membedakan ketiga jenis gangguan cemas, diagnosis gangguan kecemasan hanya dilakukan oleh tenaga profesional. Segara temui dokter bila rasa cemas mengganggu aktivitas, rasa takut sulit dikendalikan, stres yang mengganggu kestabilan emosi, menjadi kecanduan alkohol, dan adanya keinginan untuk melukai diri hingga keinginan bunuh diri.



[Gambas:Video CNN] (els/ayk)