Manfaat Ikan Tilapia bagi Kecukupan Gizi Anak Indonesia

Regal Springs, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 18:49 WIB
Manfaat Ikan Tilapia bagi Kecukupan Gizi Anak Indonesia Ikan Tilapia (Dok. Regal Springs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh setiap 23 Juli, Regal Springs Indonesia menyajikan produk ikan tilapia yang tak hanya sehat namun mudah diolah. Ikan tilapia memiliki nutrisi tinggi dan mudah diolah menjadi menu yang disukai anak-anak Indonesia.

Head of Sales & Marketing Regal Springs Indonesia Yeri Afrizon mengatakan bahwa sebagai bentuk perhatian pada anak Indonesia, pihaknya menyediakan hasil budidaya dan pengolahan ikan yang telah memenuhi semua standar regulasi. "Dalam rangka Hari Anak tahun ini, kami ingin berkontribusi pada upaya pemenuhan gizi anak dengan menghadirkan pilihan ikan air tawar yang sehat dan penuh gizi dan nutrisi, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia," ujar Yeri dalam keterangannya.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementerian Kesehatan RI, gizi anak Indonesia masih berada dalam bahaya, meski telah terjadi penurunan angka gizi buruk dan stunting. Angka gizi kurang turun dari 19,8 persen ke 17,7 persen. Keberadaan anak stunting turun dari 37,8 persen menjadi 30,8 persen.


Sebaliknya, pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Dase Hunaefi mengungkapkan bahwa angka obesitas malah cenderung meningkat. Hal tersebut diakibatkan oleh pola diet yang salah serta konsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan.

"Indonesia mengalami double burden malnutrition, atau biasa disebut gizi ganda. Satu sisi anak-anak Indonesia masih ada yang mengalami kekurangan gizi dan stunting, di sisi lain anak-anak juga mengalami over malnutrition obesitas," ujarnya.

Dase mengatakan, anak-anak Indonesia membutuhkan keseimbangan, sebab permasalahan gizi anak berhubungan dengan pola diet dan kebiasaan konsumsi. Anak-anak yang kekurangan gizi kebanyakan mengandalkan makanan yang mengandung karbohidrat saja sehingga mengalami KEP (kekurangan energi protein). Akibatnya, mereka akan mengalami gangguan perkembangan otak sehingga tidak bisa tumbuh dengan normal.

Sebaliknya, anak-anak yang tergolong over malnutrition sebetulnya sudah mencukupi kebutuhan gizinya. Namun karena sifat manja dan kasih sayang berlebihan dari orang tua, anak-anak dibiarkan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Biasanya berbasiskan daging dan minuman dengan kadar gula tinggi, sedangkan konsumsi ikan dan sayuran kurang digemari.

Ikan, lanjut Dase, mengandung asam lemak esensial dan protein tinggi. Protein akan membantu meregenerasi sel dan untuk pertumbuhan sel anak. Adapun asam lemak esensial sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan sel otak anak.

Kandungan mineralnya membantu fungsi faal tubuh agar bekerja dalam pertumbuhan dengan sangat baik, contohnya kalsium dan magnesium yang penting untuk tulang. Sedangkan vitamin yang ada dalam ikan sangat penting pemeliharaan kesehatan tubuh dan fungsi biokimia tubuh.

Tilapia Mudah Diolah Jadi Menu Kesukaan Anak-Anak

Menu ikan bukanlah menu yang dapat disukai dengan mudah oleh anak-anak. Orang tua perlu berusaha ekstra untuk menyajikan lauk berbahan dasar ikan sebagai menu utamanya. Selain mengandung omega-3 dan omega-6 yang seimbang dan mencukupi kebutuhan gizi anak, menurut chef ternama Norman Ismail, tilapia cukup mudah diolah dan menjadi menu kesukaan anak-anak.

Bercermin pada kasus anak-anaknya sendiri, Chef Norman menuturkan awalnya anak-anaknya kurang menyukai ikan, padahal nutrisinya sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang mereka. Chef Norman kemudian menyiasati dengan menghadirkan ikan dalam bentuk yang lain, misalnya dalam bentuk bakso dan sate.

"Lama-kelamaan mereka familiar dengan rasa dan teksturnya, sehingga kemudian menyukai ikan tilapia," ujar Norman.

Memasak tilapia juga tak membutuhkan waktu lama. Apabila potongan fillet-nya tak tebal, tiap sisi hanya butuh 2 menit untuk matang dan siap disantap. Lagipula, ikan tilapia itu enak dimasak dengan menu apa saja, bisa menu western, Asia, atau masakan lokal Indonesia. (fef)


ARTIKEL TERKAIT