5 Makanan 'Pencegah' Mata Minus

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 15:21 WIB
5 Makanan 'Pencegah' Mata Minus Rutin konsumsi sejumlah makanan dapat menjaga mata anak tetap 'tajam'. Foto: freemagebank
Jakarta, CNN Indonesia -- Kondisi kelainan mata tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Gangguan penglihatan juga bisa menyerang anak-anak seperti yang terjadi pada Gempita Nora Marten. Anak dari selebriti Gading Marten dan Gisella Anastasia ini mengalami mata minus serta silinder di usia yang belum genap 5 tahun.

Menjaga kesehatan mata pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengurangi paparan layar gawai maupun televisi, melakukan aktivitas luar ruangan, hingga mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Dokter spesialis mata Yunia Irawati dari Jakarta Eye Center menjelaskan, makanan yang baik untuk mata adalah yang banyak mengandung vitamin A dan C.



"Semua yang mengandung vitamin A dan C bagus untuk perkembangan mata. Adanya mineral lutein dan zeaksantin yang langsung bekerja di retina," kata Yunia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

Berikut lima makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata pada anak.

1. Wortel
Mitos makan wortel dapat menghilangkan mata minus memang tidak benar. Tapi yang benar, wortel adalah makanan yang kandungan gizinya berguna untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mengandung beta-karoten yang tinggi. Kandungan ini dapat menjaga dan meningkatkan fungsi mata.

2. Ikan
Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel membantu menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut dapat melumasi mata anak sehingga terhindar dari mata kering. Konsumsi ikan secara teratur juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Kacang
Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan kenari baik untuk kesehatan mata anak. Dikutip dari Myopia Institute, kacang kaya vitamin E yang memiliki antioksidan yang membantu penglihatan. Studi menunjukkan, makan kacang setiap hari efektif untuk mengontrol mata minus atau miopia. Tetapi pastikah dahulu kalau anak tidak alergi kacang.

4. Sayuran
Sayuran hijau seperti kale dan bayam mengandung lutein dan zeaksantin yang tinggi. Karotenoid ini mempunyai sifat antioksidan yang menangkal radikal bebas di mata. Kandungan ini juga membantu mencegah katarak dan degenerasi makula saat anak dewasa.


5. Buah beri dan jeruk
Ragam jenis buah beri, seperti stroberi atau bluberi dan juga jeruk kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga dapat melawan infeksi mata dan penyakit lainnya.


[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)


BACA JUGA