5 Pilihan Wisata di 'Negara Sauna' Finlandia

CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 17:37 WIB
5 Pilihan Wisata di 'Negara Sauna' Finlandia Suasana berkemah di Finlandia. (Istockphoto/ Happyphoton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Finlandia baru saja terpilih sebagai destinasi backpacking favorit para backpackers di seluruh dunia menurut daftar yang dirilis oleh Globehunters pada tahun ini.

Kualitas udara dan air yang baik, keramahan penduduk, dan stabilnya kondisi keamanan membuat negara itu semakin ramai didatangi oleh backpackers.

Sepanjang tahun lalu Finlandia didatangi oleh 6,8 juta turis mancanegara.



Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum berkunjung ke Finlandia adalah menentukan waktu liburan, pada musim panas atau dingin. Pasalnya suasana kedua musim itu sangat berbeda.

Kedua, tentukan kawasan yang ingin dikunjungi. Badan Pariwisata Finlandia menyarankan untuk mengunjungi dua atau empat kawasan utama di negara, yakni; Helsinki, Lakeland, Archipelago, atau Lapland.

Berikut sejumlah hal yang dapat dilakukan di Finlandia:

1. Igloo kaca

[Gambas:Instagram]

Finlandia adalah negara dengan musim yang kontras. Di musim panas matahari akan bersinar lebih lama, da sebaliknya. Oleh karena itu, Finlandia disebut negara dengan matahari malam (midnight sun).

Di musim dingin matahari akan jauh lebih redup. Namun di masa yang disebut kaamos ini ada terlihat pemandangan Cahaya Utara yang indah.

Bermalam di igloo kaca akan memberi pengalaman yang berbeda saat datang berwisata di kedua musim ini.

2. Pulau mercusuar dan kota kayu

[Gambas:Instagram]

Ada banyak lokasi mercusuar di Finlandia, salah satunya di Bengtskar yang merupakan mercusuar tertinggi di negara Nordik.

Turis bisa datang ke pulau ini dengan menumpang perahu dan disarankan datang dari bulan Juni sampai akhir Agustus. Turis juga bisa bermalam di dalam mercusuarnya.

Mercusuar Soderskar juga bisa langsung di kunjungi dari Helsinski. Pelayaran dengan perahu sekitar dua jam.

Selain pulau mercusuar, turis juga jangan lupa mengunjungi rumah tradisional yang dibuat dari kayu. Rumah-rumah kayu ini merupakan ciri khas Finlandia, negara yang 70 persen lahannya merupakan hutan.

Rumah-rumah kayu ini bisa dikunjungi di sejumlah area di Helsinki, seperti di Kapyla dan Villa.

Kawasan Old Porvoo yang berjarak satu jam dari Helsinki juga bisa dikunjungi.

Jika ingin beranjak ke selatan untuk melihat rumah-rumah kayu ini, turis bisa mengunjungi area Loviisa. Sedangkan, di kawasan barat turis bisa mengunjungi area Rauma.


3. Situs UNESCO

Ada tujuh situs UNESCO di Finlandia, enam berupa budaya dan satu berupa alam.

Salah satu situs UNESCO yang terkenal di sini ialah pulau benteng Suomenlinna di Helsinki yang masuk daftar UNESCO pada 1991.

Suomenlinna memiliki tujuh pulau kecil yang juga memiliki bangunan bersejarah.

Untuk mengunjungi Suomenlinna turis bisa menumpang kapal feri dari Kauppatori dengan durasi perjalanan selama 15 menit.

[Gambas:Instagram]

4. Mendaki atau ski

Ada 40 taman nasional di Finlandia. Di musim dingin turis bisa berski, sementara di musim panas bisa melakukan pendakian di sini.

Di Finlandia turis bebas menjelajah ke seluruh sudut alamnya asal tetap melestarikan kelestariannya.

Untuk bisa melihat Cahaya Utara, turis bisa menuju ke kawasan paling utara Finlandia. Walau musim panas, kawasan ini akan tetap diselimuti oleh salju.

Untuk wisata ski, turis bisa datang ke kawasan Kilpisjarvi. Jadi pilihannya mau main ski di bawah matahari malam atau di bawah Cahaya Utara.

5. Sauna atau berendam es

[Gambas:Instagram]

Ada sekitar 3 juta bangunan sauna dan 188 ribu tempat sauna alam di Finlandia. Sauna memang menjadi tradisi favorit Finlandia.

Selain sauna di air hangat, penduduk Finlandia juga senang berendam di kolam es sangat musim dingin.

(vvn/ard)