Memancing Logam di Prancis

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 09:59 WIB
Memancing Logam di Prancis Ilustrasi memancing. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hobi adalah hal yang lumrah dilakukan untuk menghilangkan penat atau stres, memancing adalah salah satu pilihan yang digemari banyak orang.

Normalnya dalam aktivitas memancing, pemancing akan membekali diri dengan umpan entah itu yang alami maupun buatan. Fungsinya jelas untuk menarik perhatian ikan, sekaligus menjebaknya.


Namun serombongan orang di beberapa sungai di Prancis nampak memancing dengan umpan yang aneh yaitu magnet berkekuatan besar. Tak ayal jika yang mereka tarik bukan ikan, melainkan besi-besi kecil, hingga sepeda.


Mengutip AFP, Senin (2/9), kegiatan memancing logam ini menjadi aktivitas favorit warga Prancis, dampak positifnya tak lain adalah membuat sungai menjadi bersih dan lingkungan makin asri.

Jika di negara lain aktivitas mencari logam dilakukan oleh badan tertentu dengan menggunakan magnet yang sangat besar, di Prancis justru dilakukan secara komunal oleh warga.

Salah satu tempat favorit untuk memancing logam adalah Sungai Oise, yang berjarak 75 kilometer ke arah utara Paris.

Siang itu Owen Gressier (20), memilih memancing dengan magnet neodymium. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya pancingannya tersangkut sesuatu. Owen kelimpungan menariknya sendirian, sehingga ia harus meminta pertolongan ke warga sekitar.

Setelah orang-orang datang membantu, akhirnya ia berhasil menarik benda tersebut yang rupanya pipa ukuran besar yang telah berkarat.



"Tangkapan terbagus untuk hari ini," ujar salah seorang yang membantu Gressier.

Menurut Gressier benda yang ditemukan di sungai ini cukup beragam, mulai dari logam rongsokan, marka jalan, hingga skuter.

Bahkan, ia menambahkan, pernah ada yang mencoba memancing di sebuah sungai yang menjadi lokasi perang dunia pertama.

Sehingga yang ditemukan pun cukup mencengangkan, yaitu berupa peralatan tempur, mulai dari senapan hingga granat.

[Gambas:Video CNN] (AFP/agr)