Pasta, Alternatif Bahan Sedotan Pengganti Plastik

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 10:37 WIB
Pasta, Alternatif Bahan Sedotan Pengganti Plastik Ilustrasi. Sedotan berbahan pasta menjadi alternatif baru gaya hidup antiplastik. (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kematian satwa laut dan keprihatinan akan sampah yang makin menggunung mendorong sebagian orang untuk mengganti produk plastik sekali pakai, termasuk sedotan. Banyak orang mulai beralih menggunakan sedotan yang terbuat dari kertas, bambu, atau stainless steel.

Alternatif sedotan anyar ini mungkin bisa jadi pilihan Anda. Label Stroodles yang berbasis di London, Inggris berkolaborasi dengan The Amazing Pasta Straw memasarkan sedotan berbahan dasar pasta. Selain ramah lingkungan, opsi sedotan satu ini juga bisa langsung Anda konsumsi.

Melansir Food and Wine, sedotan satu ini pada dasarnya merupakan bucatini. Nama terakhir merupakan mi berbentuk lurus dengan lubang pada bagian ujung yang membuatnya mirip seperti sedotan. Versi Italia, bucatini terbuat dari tepung semolina sehingga layak jadi pasta yang Anda santap.


Saking kuatnya, bucatini bahkan dapat digunakan layaknya stik drum tanpa membuatnya patah.

Penggagas Stroodles, Maxim Gelmann dan Bob Morris, pendiri The Amazing Pasta Straw mengklaim bahwa produk sedotan pasta tak akan mengubah rasa pada minuman.

Situs resmi Stroodles menjelaskan, sedotan bisa bertahan hingga satu jam sebelum melunak. Lama ketahanan ini nyaris setara dengan sedotan kertas.

Gelmann mengatakan, beberapa bartender sengaja menggunakan sedotan pasta dalam minuman Bloody Marys. Pasalnya, sedotan bisa menjadi hiasan sekaligus santapan.

Hingga kini, sedotan pasta digunakan di beberapa restoran dan bar di London dan Malibu. Di Amazon, The Amazing Pasta Straw menjualnya dengan harga US$84,87 atau sekitar Rp1,2 juta untuk seribu buah sedotan pasta.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)