Gumpalan Bola Tapioka Menyumbat Usus Pria Asal Vietnam

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 03:10 WIB
Gumpalan Bola Tapioka Menyumbat Usus Pria Asal Vietnam Ilustrasi. Gumpalan bola tapioka ditemukan dalam usus seorang pria yang meminum bubble tea tiga kali dalam sehari. (Istockphoto/Swanya Charoonwatana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minuman jenis bubble tea memang menggiurkan. Tapi, Anda perlu berhati-hati dan lebih bijak dalam mengonsumsinya. Seorang pria asal Vietnam mengalami penyumbatan pada usus akibat bola tapioka atau boba yang menggumpal.

Gangguan muncul setelah minuman menyegarkan itu dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari. Konsumsi tak diimbangi dengan asupan gizi lainnya.

Penyumbatan pada usus ini diketahui setelah pria tersebut mengalami rasa sakit pada perut yang terus memburuk selama 20 hari. Rasa sakit itu tak kunjung membaik meski telah menjalani perawatan di klinik terdekat.


Mengutip Wolrd of Buzz, penyumbatan pada usus akibat konsumsi bubble tea ini membuatnya harus menjalani prosedur operasi.

Dokter yang menangani mengatakan, penyumbatan pada usus disebabkan oleh sisa makanan yang tak tercerna dengan baik. Sumbatan pada usus bersifat keras dan padat hingga tak dapat dihancurkan.

Setelah prosedur operasi dilakoni, dokter menemukan gumpalan hitam besar yang diduga merupakan bola tapioka yang menggumpal.

Jika tak cepat ditangani, hal itu dapat menyebabkan infeksi dan nekrosis pada usus. Dalam tingkat yang lebih parah, kondisi tersebut bisa berujung pada kegagalan fungsi organ tubuh hingga kematian.

Mengutip Reader's Digest, Juru Bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Malina Malkani mengatakan, bubble tea merupakan minuman manis berkalori tinggi. Minuman yang kini marak di pasaran itu bukan merupakan sumber protein yang baik.

Boba memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal itu membuat boba tak sehat jika dikonsumsi setiap hari. Apalagi jika dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, sebagaimana yang terjadi pada pria asal Vietnam di atas.

Boba yang ada pada bubble tea juga merupakan sumber karbohidrat tanpa kandungan mineral dan vitamin. Mengutip The Daily Meal, tak adanya kandungan serat pada si kenyal hitam ini membuat konsumsi bola tapioka dapat mengganggu sistem pencernaan.

[Gambas:Video CNN] (dir/asr)