Gerakan 'Dance' Enerjik BTS Berisiko Sebabkan Cedera

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 16:18 WIB
Gerakan 'Dance' Enerjik BTS Berisiko Sebabkan Cedera Dancer profesional Korea mengungkapkan bahwa gerakan dance BTS berbahaya dan berisiko menimbulkan cedera bagi para anggotanya. ( Steven Ferdman/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grup Boyband Korea SelatanBTS tak bisa dipisahkan dari pria-pria berwajah tampan, suara dan lagu yang indah, serta koreografi yang energik serta rumit.

Gerak-gerik dan koreografi lincahnya membuat banyak orang berusaha untuk menirunya. Hanya saja pelatih tari K-Pop profesional In Ji woong mengungkapkan bahwa ada beberapa gerakan koreografi BTS yang dinilainya berisiko membahayakan kesehatan para anggotanya.

Mengutip Koreaboo, Ji Woong yakin bahwa untuk melakukan semua koreografi BTS pasti akan sangat melelahkan.


"Koreografi BTS itu sulit. Tak ada gunanya bicara soal bagian mana yang paling sulit karena semua tentang tarian itu sulit," katanya dalam laman Youtube terbarunya.

Bukan tanpa alasan dia mengungkapkan bahwa koreografi BTS sulit dan berpotensi membahayakan. Pasalnya gerakan k-dance BTS ini membutuhkan banyak energi dalam ritme yang sangat cepat. 


Dia juga mengklaim bahwa berusaha bergerak dengan fleksibel sembari tetap berada dalam ketukan irama yang tepat juga bisa berpotensi menimbulkan cedera.

Salah satu contoh yang dipakai Ji Woong adalah gerakan koreo dari lagu Spring Day. Dalam lagu tersebut ada gerakan di mana para personel BTS harus bergerak memutar lalu meloncat, menjatuhkan diri kemudian langsung bangkit lagi.

BTSFoto: YOAN VALAT / POOL / AFP
BTS


Dalam gerakan koreografi ini, dia mengungkapkan kalau para anggota BTS ini kerap membahayakan lutut, pergelangan tangan, dan tulang belakang untuk melakukan gerakan rumit dalam tempo yang cepat.

"Bahkan untuk satu gerakan kecil saat memutar tubuh atau menyeimbangkan berat badan bisa menyebabkan cedera pergelangan tangan dan tulang punggung."

"Sekalipun gerakan ini sudah diulang berkali-kali dan terkoordinasi, tetap saja membutuhkan perhatian penuh, fokus serta perhatian yang tak terpecah setiap kali mereka tampil. Ini bisa jadi agak sulit jika anggota BTS tak ada dalam kondisi yang baik."


Adanya kelelahan fisik juga menjadi pengaruh tersendiri. Ji Woong menambahkan bahwa kelelahan ini bisa dipicu dengan latihan reguler yang harus dijalani anggota BTS ribuan kali.

"Saya merasa terkadang dunia K-pop itu terlalu brutal. Kami ingin idola untuk menyanyi dengan baik karena mereka adalah penyanyi. Tapi kita juga ingin mereka menari dnegan baik juga, saat bernyanyi," kata Ji Woong yang juga seorang Army (penggemar BTS).

"Kita ingin mereka terlihat keren saat menyanyi dan menari. Kita ingin tubuh mereka berbentuk, Ini adalah standar yang sangat tinggi."

BTSFoto: REUTERS/Mario Anzuoni
BTS

"Untuk memenuhi standar ini, lagu K-Pop dan koreografinya menjadi sangat sulit. Ketika saya mengetahui bahwa pertunjukan yang luar biasa akan membantu perkembangan idola dan membuat mereka mendunia, saya juga merasa kalau ini justru 'menghancurkan' idola kita."

Oleh karena itu, sekalipun menari bisa membantu membakar kalori dan juga menghilangkan stres, namun Anda tetap harus berhati-hati ketika melakukannya. Beberapa gerakan yang mungkin terlihat keren, bisa berpotensi berbahaya untuk kesehatan jika dilakukan sembarangan, tanpa latihan khusus dan tak dalam pengawasan profesional. (chs)