Cara Menjaga Dompet Tetap Tebal saat Wisata

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 17:43 WIB
Cara Menjaga Dompet Tetap Tebal saat Wisata Ilustrasi. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berwisata kerap disebut sebagai kegiatan menghambur-hamburkan uang. Padahal jika cukup cermat, bukan tidak mungkin bagi wisatawan bisa berhemat selama melakukan perjalanan wisata untuk kesenangan diri.

Mengutip Outside Online, Senin (2/9), berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi menghemat uang saat berwisata:

Buat anggaran rinci

Langkah utama yang harus dilakukan jika ingin menghemat anggaran selama perjalanan, adalah membuat anggaran secara rinci sesuai dengan jadwal kegiatan.


Selain dibuat detil per hari, sebutkan juga pos-pos pengeluaran lengkap dengan batasan maksimal terkait anggaran yang bisa dikeluarkan.

Ingat, tak usah keluarkan uang untuk hal-hal yang dirasa tidak perlu misalnya ingin mencoba menu makanan di restoran mahal padahal di hari yang sama ada jadwal snorkeling.


Manfaatkan layanan bebas bagasi

Jika memilih maskapai, pilihlah yang menyediakan fasilitas bebas biaya bagasi. Untuk mendapatkan fasilitas ini, syaratnya hanya satu gigih dalam berburu tiket.

Buat ATM baru

Riset adalah hal yang tidak boleh diacuhkan jika ingin menghemat biaya perjalanan, salah satu poin yang harus dipelajari adalah mencari tahu bank apa yang tidak mengenakan biaya transaksi saat mengambil uang di ATM di luar negeri.

Jika sudah mendapat jawaban tentang bank yang paling hemat, segeralah buka akun di bank tersebut dan pindahkan uang yang telah dianggarkan untuk bepergian.

Optimalkan transportasi umum

Jika berkunjung ke destinasi yang transportasi umumnya bisa diandalkan, maka manfaatkan hal ini semaksimal mungkin.

Karena biaya sewa kendaraan akan jauh lebih mahal ketimbang menggunakan transportasi umum.


[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)