Cara Mengolah Keju Nikmat ala Chef Degan Septoadji

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 10:22 WIB
Cara Mengolah Keju Nikmat ala Chef Degan Septoadji Ilustrasi. Pengolahan yang tepat dapat membuat rasa keju lebih gurih dan nikmat. Foto: falovelykids/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Keju merupakan olahan susu yang dapat memperkaya rasa makanan. Keju bisa dijadikan sebagai bahan utama, isian makanan, atau topping. Untuk mendapatkan rasa yang semakin gurih, mengolah keju mesti dilakukan dengan tepat.

Sebelum diolah, cara penyimpanan hingga memarut keju bahkan perlu diperhatikan, termasuk bagaimana menyajikan keju. Salah kiat, keju justru bisa mengeras atau bahkan menimbulkan rasa dan bau tidak enak.

Berikut tips mengolah keju nan lezat dari Chef Degan Septoadji Suprijadi.



1. Padu dengan tepat
Menurut Chef Degan, keju mesti dipadukan dengan makanan yang memiliki cita rasa sesuai. Keju sebaiknya dipadukan dengan rasa makanan yang netral, tidak terlalu pedas atau terlalu pahit.

"Soal selera itu urusan pribadi dan tidak ada aturan dalam memasak. Tetapi, menurut saya pilihlah rasa yang cocok, agar keju melengkapi rasa makanan sehingga seimbang. Tidak menutupi atau terlalu kuat," kata Chef Degan dalam konferensi pers Festival Kuliner Kraft di Jakarta, Senin (2/9).

2. Keju panggang
Mengolah keju dengan cara memanggang demi mendapatkan tekstur keju yang lumer perlu jadi perhatian ekstra.

Menurut Chef Degan, keju yang dipanggang mesti dikonsumsi segera saat masih panas. Sebab, jika keburu dingin keju akan mengeras dan mengurangi gurihnya rasa keju.

3. Keju leleh
Untuk membuat keju leleh yang sempurna, sebaiknya campurkan dengan krim hingga memiliki tekstur yang lembut.

"Agar lelehan keju tidak mengeras saat dipanggang, campur dengan krim hingga lembut, tapi tidak cair. Kalau langsung dipanggang harus dimakan saat panas biar tidak mengeras," ungkap Chef Degan yang terkenal lewat siaran televisi Master Chef ini.

4. Keju parut
Agar bentuk keju terlihat 'rapi' kala diparut, cara terbaik ialah dengan mendinginkan keju terlebih dahulu hingga bertekstur padat.

Keju yang padat akan lebih kuat sehingga memudahkan proses memarut. Keju pun tak gampang patah atau hancur seperti saat diparut dalam keadaan suhu ruang.


5. Penyimpanan
Keju sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin bersuhu 2 derajat Celcius agar tak mudah basi.

Simpan pula keju di dalam kontainer atau lemari pendingin yang memiliki penutup. Hal ini bertujuan agar bau keju tidak menyebar ke makanan lain, sebab beberapa keju memiliki bau yang cukup kuat.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)