Mencuci Daging Ayam dengan Air Tak Ampuh Usir Kuman

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 07:18 WIB
Mencuci Daging Ayam dengan Air Tak Ampuh Usir Kuman Ilustrasi. Mencuci daging ayam mentah dengan air bukan cara yang tepat untuk membersihkannya dari bakteri jahat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang berpikir bahwa mencuci daging ayam mentah akan membersihkannya dari kuman. Padahal, mencucinya dengan air bukan lah cara yang tepat.

Ayam diketahui mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Mencuci daging ayam mentah dengan air hanya akan mengundang bahaya dan memperburuk masalah.

Mengutip Reader's Digest, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebut, cipratan air yang mengalir di sekitar bak pencuci, meja, dan alat dapur lainnya berpotensi menyebarkan sejumlah bakteri.


Tak menutup kemungkinan jika bakteri itu kemudian akan menyebar ke pisau dan talenan yang Anda gunakan untuk memotong daging ayam. Hal seperti ini umum disebut dengan istilah kontaminasi silang.

Menukil situs Study.com, kontaminasi silang adalah perpindahan penyakit atau bakteri dari satu orang ke orang lain atau dari satu tempat ke tempat lain.

Banyak perhatian orang luput dari kemungkinan adanya kontaminasi silang. Padahal, penyebaran bakteri seperti ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bakteri pada daging ayam mentah. Jika Anda kerap menyimpan daging ayam di dalam kulkas, maka bersihkan lemari pendingin Anda. Pasalnya, suhu dingin tak menjamin dapat membunuh semua bakteri yang ada.

Cara lebih praktis untuk menghilangkan bakteri pada ayam adalah dengan merebusnya dalam suhu yang tepat. Umumnya, diperlukan suhu kisaran 165 derajat Celcius untuk mengusir bakteri pada daging. Cara ini juga berlaku pada jenis daging lainnya, termasuk ikan.

Pastikan pula untuk rajin melakukan disinfeksi pada permukaan apa pun yang memungkinkan terkena cipratan air. Cuci tangan Anda setelah menyentuh daging atau alat apa pun yang bersentuhan dengannya.

[Gambas:Video CNN] (dir/asr)