Bayi 'Ajaib' Lahir dari Ibu yang Mati Otak di Ceko

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 17:30 WIB
Bayi 'Ajaib' Lahir dari Ibu yang Mati Otak di Ceko Seorang bayi yang sehat lahir dari seorang ibu yang mati otak selama hampir empat bulan lamanya. (Pixabay/RitaE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang bayi yang sehat lahir dari seorang ibu yang mati otak selama hampir empat bulan lamanya. Hal ini diungkapkan oleh para dokter rumah sakit Universitas di kota Brno, Republik Ceko.

Bayi berjenis kelamin perempuan ini dilakukan melalui operasi sesar pada minggu ke-34 kehamilan. Dia lahir 117 hari setelah ibunya dinyatakan mati otak. Sang ibu dinyatakan mati otak setelah menderita pendarahan pada April lalu. Saat itu dia tengah hamil 16 minggu.

"Bayi perempuan ini adalah salah satu bayi paling berat dan paling 'matang' yang lahir dari seorang ibu yang mati otak," kata Roman Gal, ahli anestesi kepala rumah sakit itu, dikutip dari AFP.


Ketika sang ibu dinyatakan mati otak, dokter menjaga jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lain dari sang ibu agar tetap bekerja dengan baik. Kehidupan sang ibu harus tergantung pada berbagai alat penyokong kehidupan. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga si janin tetap hidup dan berkembang sehat dalam rahim ibunya.


Para perawat 'berbicara' dengan janin, sementara neneknya membacakan dongeng. Gal juga menambahkan bahwa seorang terapis membantu menggerakan kaki sang ibu untuk mensimulasikan cara berjalan.

Setelah sang bayi lahir, semua sistem pendukung kehidupan ibu dimatikan. Bayi ini pun disusui oleh bibinya yang juga sudah memiliki bayi lebih dulu.

Ini bukan kasus pertama seorang bayi lahir dari ibu yang mati otak. Sebelumnya ada kasus serupa yang terjadi di Portugal. Pada 2016 lalu, seorang bayi laki-laki lahir dari ibu yang mati otak.


(chs)