4 Minuman Penghilang Bau Mulut

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 13:42 WIB
4 Minuman Penghilang Bau Mulut Ilustrasi. Beberapa minuman dipercaya ampuh menghilangkan bau mulut. (Istockphoto/ Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aroma tak sedap yang keluar dari mulut bisa mengganggu orang-orang yang ada di sekitar Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa minuman penghilang bau mulut.

Mulut tak ubahnya 'sarang' bagi bermacam-macam bakteri. Bertumpuknya bakteri membuat mulut melepaskan senyawa sulfur yang berbau busuk.

Penyebab bau mulut paling umum adalah rongga gigi yang kotor. Kondisi ini membuat bakteri terus tumbuh hingga mengeluarkan bau tak sedap.


Selain menggosok gigi, beberapa minuman dipercaya dapat menghilangkan bau mulut.

1. Jus nanas
Meski tak dibuktikan dalam studi ilmiah, namun banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Mengutip Healthline, minum segelas jus nanas tanpa gula satu kali setiap setelah makan. Perlu diingat, Anda juga harus membilas mulut setelah jus nanas diminum.

2. Air mineral
Kondisi mulut yang kering juga dipercaya menyebabkan bau mulut. Air liur memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan mulut. Tanpanya, bakteri akan berkembang di dalamnya.

Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Konsumsi air mineral sepanjang hari akan membantu mendorong produksi air liur. Dengan begitu, air mineral menjadi minuman penghilang bau mulut yang ideal.

3. Susu
Susu telah lama dikenal sebagai obat bau mulut. Salah satunya, sebuah studi menemukan bahwa susu dapat mengurangi bau yang diakibatkan oleh konsumsi bawang putih.

Anda bisa meminum segelas susu rendah lemak setelah mengonsumsi makanan yang berbau kuat seperti bawang putih.

4. Teh hijau
Teh hijau juga dikenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya adalah mengusir bau mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan napas untuk sementara waktu.

Secangkir teh hijau dipercaya dapat menjadi minuman penghilang bau mulut yang efektif.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)