Tips Padukan Keju dengan Kuliner Nusantara Agar Terasa Lezat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 07:26 WIB
Tips Padukan Keju dengan Kuliner Nusantara Agar Terasa Lezat Pisang goreng keju memadukan rasa manis pisang dan gurihnya keju. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan 'asli' Indonesia sesungguhnya tak mengenal keju. Olahan susu ini lebih dulu populer dan menjadi penganan pokok di Eropa dan Amerika Serikat. Di negeri asalnya, keju disajikan menjadi bahan utama makanan, isian makanan, topping, hingga saus.

Rasanya yang gurih membuat popularitas keju kian melesat, keju pun berhasil 'keliling' dunia, termasuk singgah ke Indonesia. Keju kini dikreasikan dengan sejumlah makanan dan minuman tradisional Indonesia. Keju berhasil diterima dan menyatu dengan kuliner Indonesia yang kaya rasa.

Chef Degan Septoadji mengatakan, keju dapat dipadukan dengan berbagai kuliner Nusantara. Namun, tak semua makanan itu cocok dipadukan dengan keju. Salah memadukan keju justru dapat merusak cita rasa.



"Tidak semua cocok, harus memilih makanan yang rasanya cocok. Supaya keju tidak menutupi cita rasa khas Indonesia. Harus berhati-hati," kata Chef Degan dalam konferensi pers Festival Kuliner Kraft di Jakarta, Senin (2/9).

Perpaduan ini bukan bertujuan untuk merusak cita rasa kuliner Nusantara, melainkan untuk memperkaya rasa.

Chef Degan menjelaskan untuk mencampur keju dengan makanan Indonesia perlu dipilih keju yang memiliki rasa asli. Hal ini bertujuan agar perpaduan rasa keju dan bumbu rempah dapat menyatu tanpa mengubah rasa asli.

Menurut Chef Degan, paduan rasa kuliner yang cocok dengan keju adalah rasa asin dan manis. Sedangkan rasa yang terlalu kuat seperti rasa pahit dan pedas bakal merusak rasa keju di mulut.

"Sebenarnya ini tergantung selera. Tetapi, rasa pahit dicampur gurih jadi kurang pas, mulut akan lebih fokus pada rasa pahit ketimbang rasa keju," ujar Chef Degan.

Hal ini juga berlaku jika ingin mengombinasikan keju dengan sayuran. Carilah sayuran yang memiliki rasa netral seperti brokoli, kembang kol, labu siam, atau kentang. Hindari sayuran yang memiliki rasa pahit seperti pare, daun pepaya, atau leunca.


Bila Anda ingin berkreasi memadukan keju dengan kuliner nusantara, Chef Degan mencontohkan menu mendoan tempe keju atau lumpia rendang keju. Menu tersebut bisa dicoba di rumah. 

Sedangkan sejumlah kreasi keju yang telah berhasil dan populer di Indonesia adalah ayam geprek keju dan aneka teh keju.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)