'Asal Usul' Kantong Kecil Pada Saku Celana Jeans

dir & Tim, CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 08:56 WIB
'Asal Usul' Kantong Kecil Pada Saku Celana Jeans Ada sejarah di balik keberadaan kantong kecil di bagian kanan saku celana jins. (Foto: jarmoluk/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Anda sering mengenakan celana jins, tentu tak asing lagi dengan kantong kecil yang berada di saku sebelah kanan. Bahkan, ukuran kantong tersebut kini menjadi terlalu kecil untuk menyimpan uang kertas apalagi ponsel. Jadi, apa fungsinya?

Di era sekarang, keberadaan kantong kecil mungkin tak lagi 'berguna'. Namun di era 1800an kantong ini justru menjadi 'penyelamat' para pengguna celana jins untuk menyimpan barang berharga mereka.


Levi Strauss & Co. atau Levi's yang merupakan merk jins pertama yang beredar pada tahun 1879, ternyata membuat saku super kecil tersebut sebagai tempat menyimpan arloji para pria pekerja. Saat itu, celana jins banyak digunakan oleh tukang kayu, penambang, hingga insinyur kereta api.


Blog Levi Strauss menjelaskan, celana jins biru pertama yang dibuat hanya memiliki empat saku, yaitu satu di belakang, satu di depan, dan dua saku arloji kecil.


"Selain untuk menyimpan jam tangan, saku kecil ini juga berfungsi untuk menyimpan koin, korek api, kondom, dan tiket," kata Sejarawan Levi, Tracey Panek yang dilansir HuffPost.

Saku kecil tersebut sengaja dibuat dalam ukuran mini dan cukup ketat, desain tersebut bertujuan agar barang yang disimpan tidak mudah keluar dari saku.


[Gambas:Video CNN] (ayk)