Kopi dan Cokelat Membuat Daging Domba Terasa Lebih Nikmat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 07:54 WIB
Kopi dan Cokelat Membuat Daging Domba Terasa Lebih Nikmat Studi menemukan 'bumbu' terbaik agar rasa daging domba jadi lebih 'kaya'. Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan daun mint atau rempah-rempah yang jadi bumbu terbaik untuk daging domba. Bumbu terbaik untuk mengolah daging domba justru jatuh kepada cokelat hitam dan kopi.

Cokelat hitam dan kopi memang tak masuk dalam daftar bumbu untuk memasak, apalagi untuk memasak daging. Namun, bukan tanpa alasan bila sebuah studi mengklaim cokelat hitam dan kopi sebagai pilihan bumbu terbaik untuk daging domba agar rasanya lebih kaya.

Klaim tersebut merupakan hasil dari studi ilmiah Simply Beef & Lamb. Studi ini meneliti tata molekul daging untuk mengetahui kandungan rasa yang terdapat di dalamnya.



Peneliti lalu mencari kandungan rasa yang tepat untuk disajikan bersama dengan daging domba agar dapat meningkatkan rasa bumbu, terutama daging domba itu sendiri.

Peneliti mencari kandungan rasa yang sama atau mirip. Kandungan rasa yang serupa dinilai paling tepat untuk dipadukan.

Hasilnya, penelitian ini mendapati cokelat hitam dan kopi memiliki rasa yang kuat, tapi juga pahit. Kandungan rasa ini sama dengan rasa asli dari daging domba yang dimasak.

Selain cokelat hitam dan kopi, bumbu dan makanan lain yang cocok dengan daging domba adalah makarel, wiski, udang, keju brie, kacang, kentang, dan jeruk bali.

Wiski dan sake merupakan minuman alkohol yang paling banyak memiliki kesamaan dengan domba panggang. Studi ini menemukan kedua minuman ini mengandung aroma kakao dan almon, dua rasa yang tidak cukup disorot saat mencicipi domba.


Peneliti yang juga merupakan ahli makanan Rachel Edwards-Stuart mengatakan, bumbu rempah tradisional terbukti tidak selalu jadi bumbu yang tepat.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa bumbu tradisional seperti rosemary atau mint mungkin bukan yang terbaik untuk mengeluarkan semua rasa yang ditawarkan domba," ucap Stuart.

Stuart menyarankan agar setiap orang lebih berani untuk memadukan rasa dalam memasak daging domba.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)