Mengenal Beda Skincare Natural, Organik, dan Kimia

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 09:48 WIB
Mengenal Beda Skincare Natural, Organik, dan Kimia Bahan yang digunakan dalam produk perawatan memiliki efek yang berbeda pada kulit. Foto: REUTERS/Nacho Doce
Jakarta, CNN Indonesia -- Label organik kini tengah menjadi primadona. Tak hanya dalam produk makanan, label organik juga merambah pada produk perawatan wajah hingga makeup.

Produk perawatan wajah organik disebut-sebut lebih alami dan aman. Namun, terdapat pula produk label natural yang menawarkan khasiat sama. Sehingga, tak sedikit orang yang salah kaprah tentang bedanya. Padahal, bahan yang digunakan dalam produk perawatan memiliki efek yang berbeda pada kulit.

Bicara soal bahan, produk perawatan wajah maupun makeup umumnya dibedakan atas produk natural, organik, serta kimia.



Produk yang berasal dari bahan natural merupakan produk yang kandungannya berasal dari tanaman, bukan hewan.

Produk organik juga berasal dari tanaman. Namun bukan tanaman 'biasa', tanaman dalam produk organik adalah tanaman yang diproduksi menggunakan metode pertanian organik. Metode pertanian organik diproduksi dengan bahan non-sintesis, mulai dari penggunaan pupuk organik, hingga tidak adanya pestisida.

"Pada organik, pengembangan tanaman dibuat dari lingkungan yang sudah dibentuk dan disesuaikan kondisinya," kata Product Specialist FMCG PT EIG Rizqa Ridhayati dalam peluncuran Nurish Organic, di Jakarta, Rabu (4/9).

Tanaman-tanaman itu lalu diambil ekstraknya untuk menjadi bahan pembuat skincare dan makeup. Ekstrak tersebut berbentuk senyawa kimia alami.

Sedangkan pada produk berbahan kimia, senyawa yang digunakan merupakan senyawa buatan.

Pada produk perawatan wajah, reaksi manfaat pada kulit lebih ditentukan oleh konsentrasi yang terkandung dalam produk.


"Mana yang lebih cepat reaksinya? Tergantung konsentrasinya bukan dari mana bahan itu," ungkap Rizqa.

Sedangkan perbedaan bahan, umumnya memberikan efek berbeda pada kulit. Efek yang ditimbulkan bisa beragam, tergantung pada jenis kulit serta faktor lingkungan. Ada beberapa jenis kulit yang sensitif terhadap bahan kimia, sehingga produk natural atau organik lebih disarankan. Ada pula jenis kulit yang justru kurang cocok dengan bahan natural atau organik.

Bila disimpulkan mana produk terbaik, jawaban tergantung pada reaksi kulit. Produk perawatan wajah atau makeup terbaik ialah produk yang paling baik hasilnya bagi kulit, serta paling kecil efek sampingnya.


[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)


BACA JUGA