Finlandia Destinasi Wisata Alam Terbaik, Indonesia ke-45

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 20:50 WIB
Finlandia Destinasi Wisata Alam Terbaik, Indonesia ke-45 Pemandangan kota Helsinki di Finlandia kala malam. (Istockphoto/ Franckreporter)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menjadi negara terbaik untuk wisata backpacking, Finlandia kembali terpilih sebagai destinasi wisata alam terbaik tahun ini.

Dari 107 peringkat yang disusun oleh Global Wildlife Travel Index berdasarkan data dari WWF, Living Planet Index, World Bank, Red List Index, dan sumber lainnya, Finlandia bisa menempati posisi teratas karena faktor keanekaragaman flora dan fauna, terjaganya taman nasional dan area hijau, serta usaha konservasi yang berkelanjutan.

Tahun ini Global Wildlife Travel Index juga menambah penilaiannya dengan keberadaan fasilitas dan layanan ekowisata yang terpadu, dan Finlandia mengantungi poin tersebut.



Finlandia memang menjadi pantas dikunjungi turis yang gemar wisata alam. Selain indah, negara ini memiliki 39 taman nasional dan area hijau yang meliputi 73,1 persen kawasannya.

Di negara ini turis bebas menjelajah ke seluruh sudut alamnya asal tetap melestarikan kelestariannya.

Di musim dingin turis bisa berski, sementara di musim panas bisa melakukan pendakian di sini.

Untuk bisa melihat Cahaya Utara, turis bisa menuju ke kawasan paling utara Finlandia. Walau musim panas, kawasan ini akan tetap diselimuti oleh salju.

Untuk wisata ski, turis bisa datang ke kawasan Kilpisjarvi. Jadi pilihannya mau main ski di bawah matahari malam atau di bawah Cahaya Utara.


Sayangnya tak ada negara Asia yang masuk dalam peringkat 20 besar.

Dalam daftar ini Indonesia berada di peringkat ke-45, di bawah Thailand dan di atas Honduras. Sementara Malaysia berada di peringkat ke-59.

Lima negara yang berada di peringkat terbawah dalam daftar ini ialah El Savador, Moldova, Qatar, Mauritania, dan Uruguay.

Dikutip dari Lonely Planet pada Rabu (4/9), berikut daftar lengkapnya:

DESTINASI WISATA ALAM TERBAIK 2019
1. Finlandia
2. Swedia
3. Brasil
4. Kanada
5. Amerika Serikat
6. Norwegia
7. Spanyol
8. Jerman
9. Polandia
10. Slovenia

(ard/ard)