Rekomendasi Boba Unik: Kue Cubit sampai Mi Goreng Boba

els,dei & tim, CNN Indonesia | Minggu, 08/09/2019 13:38 WIB
Rekomendasi Boba Unik: Kue Cubit sampai Mi Goreng Boba Boba tak cuma bisa dipadukan dengan aneka minuman manis. Namun dalam kenyataannya, boba juga bisa dipadukan dengan aneka cake dan makanan gurih. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bola-bola tapioka atau dikenal dengan boba kini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan. Memiliki rasa manis dan tekstur ang kenyal, boba dengan mudah melekat di lidah masyarakat.

Jika biasanya boba digunakan sebagai topping pada minuman dingin seperti teh susu atau milkshake, kini boba kian divariasikan menjadi topping berbagai olahan makanan.

1. Kue Cubit Boba
Siapa sangka kue tradisional bisa digabungkan dengan sentuhan Asia lainnya seperti boba. Restoran Lumpang Emas di Kemang punya kreasi paduan kue tradisional yang sempat hits beberapa waktu lalu dengan boba yang tengah hit.


Untuk membuatnya lebih menarik dan unik, restoran dengan Dimas Beck sebagai CMO-nya ini menyajikan kue cubit yang tak biasa. Kue cubit ini diberi tambahan isian cream cheese yang gurih. Di bagian luarnya, kue cubit ini 'ditaburi' lagi dengan boba tanpa brown sugar.

Kombinasi kue cubit yang masih hangat dengan filling cream cheese yang sedikit melted membuat rasanya bercampur antara gurih dan manis. Meski ada tambahan siraman saus krim cheese di atasnya dan juga brown sugar namun keseluruhan rasanya masih tak terlalu manis, tak eneg.

Bobanya sendiri yang memang sengaja tak dibuat manis menambahkan tekstur tersendiri yang menyatu dengan lembutnya adonan kue cubit.

Selain kue cubit boba, Lumpang Emas juga menghadirkan camilan sore berupa cake kopi susu. Tentu saja dengan tambahan boba dan saus kopi susu di atasnya.

"Tradisional yang di catch up sama yang kekinian. Kalau kopi susu biasanya diminum, sekarang kenapa enggak dibuat dalam bentuk kue disiram topping saus kopi dan boba. Cocok buat dessert karena basic-nya gula merah," kata Dimas Beck saat peluncuran menunya beberapa waktu lalu.

Kue Cubit BobaFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti
Kue Cubit Boba

2. Boba Toast
Bagaimana jadinya jika roti panggang yang renyah menyatu dengan boba yang kenyal.  Kun Kaya Toast yang terkenal dengan berbagai roti butter, cokelat ataupun selain kayanya ini menghadirkan menu bertema boba.

Mereka memadukan roti panggang tipis renyah dengan cream cheese dan tentunya boba. Kombinasi tekstur menjadi komponen utama dalam camilan ini.

Renyahnya roti panggang tipis yang menyatu dengan kenyalnya boba terasa pas di mulut. Tambahan cokelat dan juga cream cheese lembut gurih membuat rasanya makin memanjakan lidah. Jika tak suka dengan cokelat, Anda juga memilih selai kaya sebagai isiannya.

[Gambas:Instagram]


3. Sushi Boba
Restoran Baiza Sushi di Kemang menawarkan sensasi berbeda. Jika biasanya boba menjadi topping untuk makanan manis, kini boba dipadukan dalam menu Spicy Salmon Roasted Boba yang bercita rasa asin dan pedas. Boba dalam sushi ini dibuat dengan rasa yang tidak terlalu manis sehingga tidak mengubah cita rasa sushi, hanya menambah tekstul kenyal saat menyantapnya. 

Spicy Salmon Roasted Boba memadukan salmon dan boba dalam bentuk sushi roll. Sushi roll berisi salmon panggang dengan sensasi 'kriuk' plus balutan nori di dalamnya. Boba disematkan sebagai topping bersama dengan saus mayones. Jangan bayangkan kalau boba ini bakal ada di dalam gulungan sushi.

Anda bisa menikmati sushi layaknya sushi pada umumnya yakni dengan mencelupkannya dalam kecap asin dan wasabi. Santap bersama boba dan muncul sensasi kenyal campur gurih sushi. 

Salmon Salad Boba. Salad satu ini agak berbeda dengan konsep salad pada umumnya. Sepiring salad salmon ini hanya berisi irisan tipis daging salmon. Bukan dedaunan salad pada umumnya. Namun ketika menerima seporsi salad salmon, Anda bakal dikejutkan dengan banyaknya saus thousand island yang membanjiri piring.

Sushi BobaFoto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Sushi Boba

4. Truffle bobba
Kombinasi es krim yang lembut dengan boba mungkin sudah biasa. Namun bagaimana kalau truffle bobba? Truffle di sini bukanlah cokelat melainkan benar-benar jamu truffle dengan rasa yang khas. 

Devon Cafe menghadirkan sensasi truffle, boba, dan es krim yang digabungkan menjadi satu. Segelas es krim lembut yang terbuat dari susu dan karamel yang diinfuse dengan aroma jamur truffle menghasilkan kombinasi rasa yang awalnya terasa 'aneh' namun unik. Tambahan cone es krim, sereal jagung juga membuat tekstur dan rasanya unik. 

Hanya saja, porsinya yang cukup banyak rasanya memang cocok disantap sharing. Pasalnya, rasa es krim truffle yang khas (dan mungkin tak semua orang menyukainya) lama-kelamaan akan terasa mengenyangkan dan eneg. 

Selain itu, bobanya yang berada di bagian paling bawah gelas membuat Anda harus mengeruk sampai dasar dan 'merusak' bagian atas es-nya hanya untuk bisa menikmati bobanya. Bagian ini agak mengganggu bagi Anda yang tak suka mencampur semua bagian es krim jadi satu (seperti bubuk diaduk) dan memilih untuk menikmatinya satu per satu dari atas. Padahal, tekstur di bagian bawah, campuran kombinasi krim, boba, dan es krimnya terasa sangat enak. 

truffle bobaFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti
truffle boba


5. Mie goreng boba
Boba alias bola-bola tepung kanji tak hnaya dikawinkan dengan minuman. Ropang OTW menyuguhkan hal baru dengan mempertemukannya dengan mi instan. Di sini, ada dua menu mi dengan boba yakni Indomie Rebus Boba dan Indomie Goreng Boba.

Indomie Rebus Boba hadir layaknya mi instan rebus dengan tambahan sawi rebus dan telur mata sapi. Namun lapak penjaja makanan satu ini menambahkan campuran fla gurih plus boba kenyal. Campuran fla memiliki rasa keju dan susu, sedangkan boba dibuat tawar sehingga saat disantap bersamaan tidak menimbulkan perubahan rasa pada mi.

Anda bisa mencoba menu ini dengan level kepedasan yang diinginkan. Rasa asin gurih fla akan begitu menonjol jika memesan tanpa tambahan rasa pedas.

Selain menu mi, sebagai kudapan Anda bisa menyicip Ropang Boba. Menu ropang alias roti panggang memang jadi andalan, tetapi kreasi satu ini hanya hadir dalam versi single dengan tambahan fla manis, krim butter dan taburan boba.

Bagaimana dengan minuman? Tak perlu khawatir, sebab ada tiga jenis minuman boba untuk melengkapi santapan yakni, Es Teh Saring Boba, Es Kopi Saring dan Es Cokelat Boba. Es teh memiliki rasa layaknya teh tarik yang menggunakan campuran susu. Serupa dengan es teh, minuman es kopi juga menggunakan campuran susu sehingga rasanya seperti es kopi susu dengan topping boba.

Untuk harga, aneka menu boba dibanderol dengan harga Rp20ribu, kecuali ropang boba yang dihargai Rp16ribu (harga belum termasuk pajak).

mi goreng bobaFoto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
mi rebus boba


6. Cake Boba
Sebagai teman rasa manis, boba memang cocok dicampur dengan cake. Salah satu cake yang patut dicoba adalah cake boba di Benedict.

Restoran ini menyajikan cake dengan lapis butter cream yang ditambahkan boba di atasnya. Sang koki menggunakan adonan cake dasar dari brown sugar. Sebagai padanannya, brown sugar cake ini dipadukan dengan earl grey (teh) buttercream.

Adanya buttercream earl grey ini tak ayal memberikan sensasi rasa khas teh yang unik. Ada sensasi getir teh yang berpadu dengan manisnya brown sugar cake. Cake ini ditambahkan dengan frosting cream cheese yang gurih dan lembut.

Boba yang lengket dan kenyal ini makin semarak dengan tambahan crumble yang renyah dan juga boba yang kenyal.

cake bobaFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti
cake boba
(chs)