Kuliner Mugabe: Makanan Sehat sampai Daging Singa dan Gajah

tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 19:31 WIB
Kuliner Mugabe: Makanan Sehat sampai Daging Singa dan Gajah Selain kontroversinya di dunia politik Zimbabwe, Mugabe juga dikenal karena kontroversi 'dunia kuliner' karena menyantap daging gajah dan singa. (REUTERS/Philimon Bulawayo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua tahun setelah melepas kursi presiden Zimbabwe, Robert Mugabe meninggal di usia 95 tahun hari ini (6/9). Dia sendiri menjabat sebagai presiden pada 1980-2017. Dalam kurun waktu selama itu, sudah banyak 'kenangan' yang dia torehkan buat dunia terutama Zimbabwe.

Selain kontroversinya di dunia politik Zimbabwe, Mugabe juga dikenal karena kontroversi 'dunia kuliner.'

Satu hal yang tak mungkin dilupakan ialah pesta ulang tahunnya yang ke 91 pada 2015 silam. Mugabe menyuguhi tamu-tamu di pesta ulang tahunnya dengan hewan-hewan liar Afrika yakni gajah, kerbau, musang, impala dan singa.


Dihimpun dari berbagai sumber, hewan-hewan liar ini merupakan sumbangan petani lokal setempat.


"Ini adalah cara kami untuk mendukung fungsi dan untuk memastikan suasana perayaan di komunitas kami juga. Nilai totalnya adalah US$120.000 (Rp1,6 miliar),"ujar petani lokal Tendai Musasa pada media setempat dikutip dari Guardian.

Selain itu, rupanya dua kaki tangan Mugabe di pemerintahan menyumbang sebanyak 40 ekor sapi. Pesta ulang tahun diselenggarakan di resort eksklusif Elephant Hills di kawasan air terjun Victoria. Lokasi pesta pun memakan biaya luar biasa yakni US$1juta (sekitar Rp14 miliar).

Pesta dirayakan dengan meriah. Kira-kira sebanyak 20ribu tamu hadir dan menyaksikan Mugabe dan sang istri, Grace, melepaskan 91 balon.

Pesta meriah dan mewah tak hanya menandakan betapa banyak kekayaan Mugabe tetapi juga kesewenang-wenangannya. Pimpinan Progressive Theachers' Union, Raymond Majongwe berkata para guru di Zimbabwe dipaksa menyumbang hingga US$10 (sekitar Rp140ribu) untuk kelancaran pesta.

Pesta ulang tahun Mugabe kerap tak lepas dari incaran kemarahan publik. Pesta diselenggarakan di tengah kondisi masyarakat dan negara yang tak menentu. Suplai pangan, obat-obatan tak cukup, belum lagi perekonomian menurun dan banyak orang muda kesulitan mencari pekerjaan tetap.

ilustrasi gajahFoto: Yasuyoshi CHIBA / AFP
ilustrasi gajah

Setelah mengundurkan diri pada November 2017, tak begitu terdengar kemeriahan pesta ulang tahunnya. Pada 2018 lalu, perayaan ulang tahun dilakukan secara privat.

"Pesta hanya untuk keluarga dekat dan teman. Ini bukan untuk publik dan hanya yang diundang yang hadir," kata Louisa Nyanhongo, salah satu orang terdekat Mugabe mengutip dari Africa News.

Gemar makan sehat

Mugabe sendiri menerapkan gaya hidup sehat selama hidupnya. Dia mengikuti cara hidup dari buku kesehatan holistik Dr Frank Lipman dari Afrika Selatan.

Untuk mengikuti cara hidup ini, Mugabe harus menghilangkan semua hal yang berbahaya untuk kesehatan. Dalam situsnya, Lipman mengatakan bahwa untuk mendapat kesehatan ini mereka harus mengurangi gula, makanan oahan, junk food. Sebaliknya, mereka juga harus menambahkan makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa yang disarankan dalah mkanan organik, makanan segar, makanan musiman dan lokal bila memungkinkan. Tidur nyenyak dan cukup juga sangat dibutuhkan.

"Apa yang Anda makan, seberapa banyak paparan bahan kimia dan racun yang dimilki, apa yang membuat Anda stres, apa yang diyakini, cara berpikir, seberapa banyak cinta yang diberikan dan didapatkan adalah hal yang penting untuk hidup." (els/chs)