Pesona Cenil, Jajan Pasar yang Pikat Netflix dan Lee Seung Gi

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 07/09/2019 10:30 WIB
Pesona Cenil, Jajan Pasar yang Pikat Netflix dan Lee Seung Gi ilustrasi cenil (Dok. wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor kenamaan Korea Selatan Lee Seung Gi tampak bersemangat saat mencicipi jajanan tradisional Indonesia, cenil lupis di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Bintang serial drama Vagabond ini menikmati cenil lupis Mbah Satinem bersama dengan aktor Taiwan Jasper Liu. Mereka mencoba jajanan tradisional ini sebagai bagian dari produksi seri Netflix, Together.

Netflix sebelumnya juga pernah mengangkat cenil lupis Mbah Satinem ini dalam seri dokumenter Street Food.


Tak heran cenil jadi sorotan internasional. Cenil lupis memang jajanan manis yang menggoda. Tapi sebenarnya apa sih cenil dan bagaimana daya tariknya?


Bukan, cenil bukan seperti boba. Meski sama-sama kenyal, namun cenil ini bukan makanan generasi baru yang tengah hit di Indonesia. Cenil adalah makanan tradisional masyarakat Jawa Tengah.

Cenil merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pati ketela pohon. Cenil dahulunya merupakan salah satu pengganti makanan pokok Indonesia di musim paceklik. Masyarakat mengolah ketela pohon untuk menggantikan beras.

Adonan pati ketela pohon ini lalu diberikan warna agar semakin menarik perhatian. Cenil atau juga disebut cethil dibuat dengan bentuk bulat atau kota. Setelah dibentuk, adonan cenil kemudian direbus sampai matang. Makanan ini memiliki tekstur yang lengket dan kenyal, namun tak ada rasa sama sekali.

Untuk menambah rasa di dalamnya, cenil digulirkan ke atas parutan kelapa yang sudah dikukus dan dicampur dengan gula pasir. Sensasi rasa kenyal, manis, dan rasa gurih akan menyatu di mulut.

Cenil biasanya dinikmati bersama makanan tradisional lainnya seperti gethuk, tiwul, dan lupis. Lupis juga merupakan jajanan tradisional yang berbentuk segitiga, terbuat dari beras ketan. Lupis dinikmati dengan saus gula merah.


Padanan cenil lupis ini biasanya dihidangkan dalam daun pisang pincuk dan diberi siraman gula merah.

Tekstur cenil lupis yang lengket bercampur dengan gula merah nan manis ditambah dengan parutan kelapa, memberikan sensasi tersendiri di dalam mulut.

Cenil lupis tak hanya bisa ditemui di Yogyakarta, tapi juga hampir di seluruh Indonesia. Cenil lupis Mbah Satinem yang dicicipi Lee Seungi memang merupakan salah satu cenil lupis legendaris yang masih bertahan hingga saat ini. Orang-orang rela mengantre setiap pagi untuk sarapan cenil lupis Mbah Satinem.

(ptj/chs)