Manfaat Sehat Puasa Sesekali seperti Puasa Senin Kamis

Tim, CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 18:35 WIB
Manfaat Sehat Puasa Sesekali seperti Puasa Senin Kamis Ilustrasi. Puasa sesekali memiliki sejumlah manfaat sehat, dari kesehatan kulit hingga kolesterol.(Foto: Istockphoto/arapix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada beragam jenis puasa. Bagi umat muslim, puasa merupakan salah satu bentuk ibadah wajib di bulan Ramadhan, maupun sunah yang dilakukan di waktu-waktu tertentu. Puasa diyakini memiliki banyak keistimewaan, yang utama ialah lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tak hanya dalam sisi ibadah, puasa juga dilakukan untuk tujuan-tujuan tertentu, semisal puasa saat ingin melakukan cek kesehatan hingga puasa untuk penurunan berat badan. Beberapa jenis diet yang kini juga menganjurkan untuk berpuasa antara lain diet OCD dan diet ketofastosis.

Terlepas dari tujuan berpuasa, puasa sesekali seperti yang dilakukan saat puasa sunah Senin Kamis ternyata menawarkan sejumlah manfaat sehat.



1. 'Atasi' jerawat

Mengutip Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Graz di Autralia meneliti dampak dari puasa sesekali pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan, dan yang terutama untuk kulit.

Peradangan pada kulit seperti jerawat dan eksim dinilai dapat dikurangi dengan memerangi bakteri jahat dalam usus.Puasa didapati mampu meningkatkan kesehatan usus dan mengembalikan keseimbangan microbiome, yang pada akhirnya akan menghasilkan kulit yang lebih bersih, kata Felice Gersh, MD, pendiri The Integrative Medical Group of Irvine di California.

2. Turunkan risiko diabetes

Dokter estetika terkemuka di London Dr David Jack mengatakan bahwa dengan hanya mengatur kadar glukosa darah dan sensitivitas insulin, kerusakan kolagen pada kulit bisa sepenuhnya dicegah. Melakukan puasa tentu menjadi sangat efektif untuk mengatur kadar glukosa dalam darah.

Mendapatkan kulit yang bersih bisa menjadi manfaat tambahan dari stabilnya gula darah, namun lebih besar dari itu, gula darah yang baik akan menjauhkan seseorang terkena penyakit yang lebih berbahaya, seperti diabetes.


3. Jauhkan dari penyakit 'darah tinggi'

Berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sebesar 8 persen, menurunkan lemak darah sebesar 30 persen, dan meningkat kolesterol baik sebanyak 14,3 persen, tulis sebuah studi dalam jurnal Annals of Nutrition Metabolism.

Kadar kolesterol yang sehat sendiri dapat menjauhkan seseorang untuk terkena penyakit yang berhubungan dengan kolesterol tinggi seperti hipertensi, jantung, hingga stroke.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)