Nutrisi Sarapan Piza Lebih Seimbang Ketimbang Sereal

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 09:06 WIB
Nutrisi Sarapan Piza Lebih Seimbang Ketimbang Sereal Ilustrasi. Sebagai menu sarapan, nutrisi dalam piza lebih seimbang ketimbang sereal. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lupakan sejenak sereal si primadona menu sarapan. Lirik sepotong piza yang nikmat, gurih, dan mengenyangkan. Sepotong piza diklaim lebih bernutrisi sebagai menu sarapan ketimbang sereal.

Namun, seorang ahli gizi berbasis di New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mengonsumsi piza adalah cara yang lebih seimbang untuk memulai hari daripada semangkuk sereal.

Ahli gizi Chelsey Amer mengatakan, semangkuk sereal memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. "Sepotong piza keju polos mengandung keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak," katanya, mengutip Metro.


Amer juga mencatat bahwa piza memiliki lebih banyak protein daripada semangkuk sereal. Hal itu dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Kendati demikian, bukan berarti Anda disarankan untuk mengonsumsi sepotong piza setiap pagi. "Piza hanya contoh menu seimbang untuk sarapan," ujar Amer.

Amer mengingatkan bahwa beberapa kandungan dalam piza juga diketahui berdampak buruk untuk kesehatan. "Banyak hal yang harus dipertimbangkan [untuk menjadikan piza sebagai menu sarapan]," kata dia.

Sebagai gantinya, Amer menyarankan Anda untuk memilih campuran karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein untuk menjaga keseimbangan nutrisi di pagi hari. Anda bisa memulai hari dengan seporsi yogurt berpadu buah atau oatmeal yang disajikan dengan kayu manis dan buah. Kedua menu itu menawarkan serat dan antioksidan.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)