Pantai Wedi Ireng, 'Raja Ampat Mini' di Banyuwangi

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 12:06 WIB
Pantai Wedi Ireng, 'Raja Ampat Mini' di Banyuwangi Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi. (Istockphoto/Yudha Hariadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berada dekat dengan Bali, Banyuwangi juga semakin dilirik sebagai destinasi wisata bahari.

Kegiatan wisata seperti snorkeling sampai surfing sangat bisa dilakukan di sini.

Salah satu pantai yang sedang ramai dibicarakan ialah Pantai Wedi Ireng. Pantai ini terbilang lengkap; berombak tenang, berair jernih, dan berpemandangan cantik.



[Gambas:Instagram]

Pantai Wedi Ireng juga disebut sebagai 'Raja Ampat di Banyuwangi' karena gugusan tebingnya yang menyerupai pulau di Papua Barat itu.

Jika tahu Pantai Merah - pantai yang berpanorama batu karang besar mirip di Pulau Phi Phi - maka Pantai Wedi Ireng tak berada jauh dari sana.

Tepatnya berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran.

Sesampainya di sana turis harus menuju Pantai Pancer terlebih dahulu untuk sampai ke Pantai Wedi Ireng. Warga setempat bisa ditanyai soal rute, tapi untuk lebih nyaman turis bisa menyewa mobil plus supir.


[Gambas:Instagram]

Pilihannya bisa menjelajah hutan atau naik perahu. Namun kalau ombak terlalu tinggi, menjelajah hutan jadi cara satu-satunya.

Wedi Ireng terbagi menjadi dua lokasi, barat dan timur. Kedua pantainya dipisahkan oleh karang berbentuk huruf 'W'. Pantai di timur berpasir sedikit hitam, sementara yang di barat berpasir putih.

Di area barat turis lebih banyak berkumpul karena ombaknya lebih tenang dibandingkan di area timur.

Jasa penyewaan alat snorkeling sampai tempat duduk berpayung tersedia di sini. Penjaja makanan dan minuman juga mudah ditemukan. Tapi disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri untuk menghemat dana.


[Gambas:Video CNN]

(ARD/ard)