Tebak-tebakan Warna Asli Bola Tenis: Hijau atau Kuning

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 14/09/2019 08:29 WIB
Tebak-tebakan Warna Asli Bola Tenis: Hijau atau Kuning Ilustrasi bola tenis. (Foto: Istockphoto/tifonimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tenis identik dengan raket dan juga bola tenis yang berwarna terang.

Bola tenis adalah obyek yang begitu sederhana, hanya berbentuk bulat dengan serabut bulu pendek di luarnya. Namun terlepas dari kehadirannya yang pasif, salah satu debat internet yang paling ramai tahun lalu adalah soal menebak warna khas bola tenis.

Kuning atau hijau? Apa tebakan Anda?


Coba tanya David Attenborough, seorang dokumenter legendaris Inggris yang dikenal dunia untuk seri Planet Earth-nya. Dia memainkan peran penting tentang bagaimana orang memandang bola tenis hari ini.

Olahraga tenis modern lahir dari permainan tenis Inggris (lawn tennis) yang dimulai sejak 1870-an. Lawn tennis sendiri diadaptasi dari permainan raket indoor 'real tennis' yang juga merupakan adopsi dari olahraga Prancis jeu de paume.


Mengutip CNN, setelah banyak percobaan tentang bagaimana membuat bola tenis yang ideal, - dari gabus, wol, dan bahkan rambut manusia, bola tenis yang ideal terbuat dari inti karet yang dibungkus dalam melton putih atau hitam kemudian ditutup kain yang ditenun rapat.

Selama hampir seabad, bola tenis berwarna putih atau hitam. Baru pada 1972 bola tenis mulai dipulas dengan warna neon yang terang. di Wimbledon, turnamen tenis paling ikonik, bola berwarna terang ini ditampilkan untuk pertama kalinya.

Roger FedererFoto: (REUTERS/Andrew Couldridge)
Roger Federer

Penyiaran tenis di televisi berwarna dinilai sangat menghidupkan pertandingan. Tapi di sisi lain, ini akanmembuat pelacakan bola di televisi mejadi sulit. Terutama saat bola jatuh di dekat garis putih. Federasi Tenis Internasional (ITF) melakukan penelitian untuk menemukan bahwa bola tenis yang berwarna kuning lebih memudahkan untuk dilihat penonton.

Perubahan aturan 1972 ITF resmi mengharuskan semua bola tenis memiliki permukaan yang seragam dan berwarna putih atau kuning.

Hanya saja Wimbledon tak mengubah warna bola menjadi kuning sampai 1986. Warna bola tenis ini disebut oleh ITF Sebagai warna kuning optik. Namun sepenglihatan mata, apakah benar kuning atau cenderung hijau?

Pencarian di google untuk warna kuning optik ini mengarah ke ensiklopedia warna online ColorHexa. Warna ini berada di bawah naungan warna yang terdaftar sebagai #ccff00 dan dinamai fluorescent yellow atau electric lime.


Meski demikian, para petenis dunia juga masih belum sepakat akan warna bola tenis tersebut. Hal ini sama persis seperti yang terjadi pada kasus 'The Dress.'

Roger Federer menyebut bahwa bola tenis berwarna kuning. Sedangkan Rafael Nadal berada di posisi bahwa bola tenis berwarna hijau. Bagaimana dengan Anda. Apa warna bola tenis menurut Anda?

(chs)