Kim Kardashian Didiagnosis Mengidap Lupus

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 19:55 WIB
Kim Kardashian Didiagnosis Mengidap Lupus Kim Kardashian didiagnosis menderita penyakit lupus. (AFP PHOTO / ANGELA WEISS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kim Kardashian West baru saja didiagnosis menderita penyakit autoimun berjenis lupus. Kim mengungkapkan penyakitnya dalam episode terbaru Keeping Up with the Kardashians musim ke-17.

Penyakit lupus yang dialami Kim ditandai dengan munculnya sejumlah gejala. Belakangan, Kim merasa tubuhnya sering kelelahan. Tangannya kerap bengkak dan mati rasa.

"Saya merasa sangat lelah, sangat mual, dan tangan saya benar-benar bengkak. Saya merasa seperti benar-benar hancur berantakan. Tangan saya mati rasa," ungkap Kim, seperti yang terekam dalam tayangan tersebut.

Awalnya, Kim mengira dia hanya mengalami radang sendi. Tapi, untuk mendapatkan jawaban pasti, Kim lalu mengunjungi dokter.

"Ini sangat menakutkan. Jadi, saya pergi ke dokter dan melihat apa yang sebenarnya terjadi karena saya tidak bisa hidup seperti ini," tutur Kim, dikutip dari CNN.

Setelah melalui serangkaian tes, dokter memberi tahu bahwa terdapat gangguan pada antibodi yang berhubungan dengan lupus dan rheumatoid arthritis. Mendengar kabar itu, Kim langsung panik dan menangis.

Namun, diagnosis belum ditegakkan. Dokter mengatakan bahwa Kim masih membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Lupus merupakan penyakit autoimun sistemik yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ sendiri. Pada sistem kekebalan tubuh yang normal, sistem imun bakal menyerang penyakit yang masuk ke tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, gangguan kekebalan tubuh yang menyerang organ tubuh sendiri ini menyebabkan peradangan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan rheumatoid arthritis juga merupakan gangguan autoimun yang memengaruhi lapisan sendi seseorang. Penyakit ini dapat menyebabkan pembengkakan yang menimbulkan rasa sakit.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)