Gejala Klep Jantung Bocor, Penyakit yang Diderita Habibie

tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 16:51 WIB
Gejala Klep Jantung Bocor, Penyakit yang Diderita Habibie Sudah sejak lama Habibie mengalami masalah dengan jantung. Pada 2018 lalu, Habibie sempat dirawat di Jerman karena kebocoran klep jantung. Berikut gejalanya.(Istockphoto/ RapidEye)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Habibie disebut dirawat karena komplikasi penyakit. Dia ditangani tim dokter dari berbagai bidang keahlian seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sudah sejak lama Habibie mengalami masalah dengan jantung. Pada 2018 lalu, Habibie sempat dirawat di Jerman karena kebocoran klep jantung.


Kebocoran klep jantung merupakan kondisi bocornya salah satu atau lebih dari empat katup yang ada di jantung. Kondisi ini membuat darah dari atau ke jantung tidak mengalir ke tempat yang seharusnya. Terdapat empat katup di jantung yakni trikuspid, mitral, pulmonal, dan aorta.


Klep jantung yang bocor sering kali tidak disadari, tergantung pada seberapa besar hal itu mengganggu aliran darah normal dari dan ke jantung.

Sering kali, katup jantung yang bocor tidak menimbulkan gejala karena jantung masih dapat bekerja. Namun, pada kondisi yang parah, kebocoran klep jantung dapat mengganggu aliran darah dan menimbulkan gejala gagal jantung kongestif.

Berikut gejala yang timbul akibat klep jantung yang parah:
1. Napas tersengal-sengal, terutama saat beraktivitas atau saat berbaring datang
2. Pembengkakan kaki atau retensi cairan di salah satu bagian tubuh
3. Sakit kepala ringan
4. Detak jantung cepat
5. Jantung berdebar-debar
6. Kelelahan

Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahunFoto: REUTERS/Garry Lotulung
Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun


Dokter biasanya bakal mendiagnosis klep jantung yang bocor dengan mendengarkan jantung dengan stetoskop. Dokter juga bakal melihat hasil USG jantung.

Perawatan untuk bocor klep jantung ini meliputi obat-obatan, tindakan bedah, atau penggantian katup bocor. (ptj/chs)