'Demam' Pameran Selfie Hadir di London

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 15:27 WIB
'Demam' Pameran Selfie Hadir di London The Selfie Factory di London. (Isabel INFANTES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah bangunan di London nampak ramai dengan kehadiran pengunjung millennial. Di dalam ruangannya mereka terlihat berfoto di dalam bak mandi berwarna merah muda atau sambil melempar confetti.

Bangunan itu merupakan pameran dari The Selfie Factory yang berlokasi di Westfield, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Eropa. Dalam pameran tersebut pengunjung bisa berfoto di ruangan yang berlatar unik dan menggemaskan.

Di Indonesia pameran serupa bisa ditemukan di Haluu atau Museum Moja. Harga tiketnya mulai dari ratusan ribu rupiah dan pengunjung wajib mematuhi durasi berkunjung yang ditetapkan.


Latar berfoto di The Selfie Factory mulai dari tembok donat, boneka teddy bear besar, kolam bola raksasa, restoran tahun 1950-an, hingga sudut yang dihiasi pita berwarna.

Para ibu mengambil foto-foto bayi mereka sambil duduk dengan telepon kuno berwarna kuning cerah, sementara remaja berpose di kamar mandi bergaya centil atau bermain-main dengan donat.


"Saya suka semua ruangan yang menyuguhkan pemandangan berbeda," kata Molly Bryant (19), pengunjung dari Stevenage, utara London.

"Berfoto di sini akan terlihat bagus untuk Instagram saya."

Untuk bisa datang dan berfoto di sini pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 10 poundsterling (sekitar Rp172 ribu) per orang.

Tak hanya di London, pameran "selfie" seperti ini juga sedang populer di Asia dan Amerika Utara.

Pameran di London ini adalah gagasan Will Bower.

"Orang-orang datang dan menghabiskan satu jam bersenang-senang dan mengambil foto sebanyak yang mereka suka," katanya, seperti yang dikutip dari AFP pada Kamis (12/9).

Pria 26 tahun itu mengatakan ia dan tunangannya gemar berfoto saat liburan. Mereka tak segan datang ke kawasan terpencil. Namun saat datang ke sana, kerumunan orang sudah menyemut.

Hal tersebut memicu gagasan untuk menghadirkan beragam lokasi berfoto yang 'instagramable' dalam satu ruangan.

"Generasi kami suka mengunggah sesuatu dan selalu ada perjuangan untuk mendapatkan konten. The Selfie Factory memberi Anda banyak konten sekaligus," kata Bower.

Dia menambahkan: "Banyak orang menjalani kehidupan mereka melalui Instagram. Saya yakin tempat-tempat seperti ini akan tumbuh di masa depan."


Salah satu pengunjung, Jane Juby (41) terlihat sedang membuat beberapa kenangan dengan putrinya, Nancy (18) dan Amber (15).

"Nancy sebentar lagi masuk universitas, jadi kami mencari hal-hal menyenangkan untuk dilakukan bersama sebelum dia pergi," kata Jane.

"Ini bukan hal yang biasa saya lakukan. Ini semua saya lakukan demi pengikut dan berpose!"

Pengunjung berusia muda terlihat mendominasi, tetapi pengunjung berusia 60-an juga terlihat bermain-main di lubang bola, bersantai di tempat tidur atau berpose konyol dengan gajah merah muda.

Bower mengatakan kalau influencer profesional telah datang, bahkan beberapa ada yang menjadi pelanggannya.

Eliza Bendall (19) sedang mengambil gambar dengan koper penuh kosmetik untuk peluncuran produknya.

"Mudah-mudahan kami mendapat foto yang keren," katanya.

"Sejauh ini area favorit saya adalah restoran tahun 50-an. Suasana di sana sangat mirip dalam film 'Grease'. Saya terobsesi dengan area itu!"

(AFP/ard)