Fungsi Kacamata Anti Radiasi, Cegah Mata Lelah dan Kering

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 16:19 WIB
Fungsi Kacamata Anti Radiasi, Cegah Mata Lelah dan Kering Ilustrasi. Kacamata anti radiasi bantu jaga kesehatan mata. (Foto: limorcohen/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggunaan gawai yang intens, seperti melihat komputer dalam waktu lama atau menatap layar ponsel seharian berpotensi mengganggu fungsi mata. Kehadiran kacamata anti radiasi bisa menjadi salah satu solusi. Sebab, salah satu fungsi kacamata anti radiasi adalah menangkal efek sinar biru yang berpotensi merusak mata. 

Kacamata anti radiasi dikenal juga dengan kacamata baca komputer. Kacamata ini dibuat khusus untuk mengurangi ketegangan pada mata saat melihat layar.

Dikutip dari Spektrum Glasses, kacamata anti-radiasi memiliki lapisan anti reflektif yang berguna membantu mengurangi silau. Lapisan ini juga berfungsi melihat warna yang kontras agar mudah dilihat.



Kacamata anti radiasi ini dibuat untuk mengurangi gejala 'sindrom penglihatan komputer'. Sindrom ini membuat mata mengalami ketegangan saat melihat komputer terlalu lama. Gejala yang muncul berupa penglihatan kabur, mata merah atau kering, penglihatan ganda, pusing, dan sakit kepala.

Sindrom ini disebabkan karena menatap cahaya biru yang terpancar dari layar terlalu lama.


Berikut manfaat dan fungsi menggunakan kacamata anti radiasi saat melihat komputer atau gawai, dikutip dari Finest Glasses.

1. Kacamata anti radiasi mengadopsi teknologi pelapisan ion vakum dan dapat menghalangi radiasi elektromagnetik, sehingga disebut tidak memiliki efek samping pada mata.
2. Lensa mengandung bahan anti radiasi yang dapat menyerap gelombang mikro frekuensi rendah dan menghilangkan gejala seperti demam, sakit kepala, kelelahan dan kekeringan.
3. Kacamata anti radiasi memiliki fungsi penetrasi dan penyerapan, sesuai dengan lampu dan cahaya ketika digunakan.
4. Fungsi kacamata anti radiasi dapat mencegah mata dari sinar berbahaya, seperti sinar biru maupun ultraviolet.

Agar fungsi kacamata anti radiasi dapat bermanfaat secara maksimal, sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan dokter mata untuk mendapatkan resep kacamata anti radiasi terbaik.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/ayk)