7 Destinasi yang Rawan untuk Selfie

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 17:14 WIB
7 Destinasi yang Rawan untuk Selfie Walau eksotis, Machu Picchu merupakan destinasi wisata yang rawan untuk selfie. (Pablo PORCIUNCULA BRUNE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat ini aktivitas wisata seakan tak lengkap bila tak berswafoto atau selfie. Hal ini yang membuat wisatawan akan melakukan berbagai cara demi mendapatkan foto-foto yang estetik.

Sayangnya beberapa tempat wisata di dunia yang memiliki area berbahaya untuk selfie.

Mengutip wanderlust, Jumat (13/9), berikut adalah beberapa tempat wisata yang berbahaya untuk selfie.


Taman Nasional di Amerika Serikat
7 Destinasi Rawan untuk SelfieTaman Nasional Yosemite. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Sebagian besar Taman Nasional di Amerika Serikat memang memungkinkan wisatawan untuk selfie bersama hewan buas, termasuk beruang, dari jarak jauh. Namun siapa yang tahu kapan beruang merasa terusik dengan kedatangan manusia, hingga akhirnya mereka menerkam. Musibah ini pernah terjadi di Waterton Canyon, Colorado sehingga tempat ini harus ditutup untuk wisatawan.

Taj Mahal, India
7 Destinasi Rawan untuk SelfieTaj Mahal. (Istockphoto/somchaisom)

Setelah kasus Turis Jepang yang tergelincir di tangga Taj Mahal saat berfoto, pihak Aparat Kepolisian Mumbai mendeklarasikan 16 tempat yang tak memperbolehkan wisatawan untuk berfoto. Peraturan dikeluarkan demi alasan keamanan dan keselamatan para wisatawan.

Pamplona, Spanyol
7 Destinasi Rawan untuk SelfieFestival San Fermin di Pamplona. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Festival San Fermin di Pamplona merupakan festival berlari bersama sekelompok Banteng jantan. Wisatawan dilarang keluar dari area penonton, apalagi selfie dengan banteng. Jika ada yang melanggar, maka akan didenda 4.000 euro (sekitar Rp61 juta). Peraturan ini diberlakukan setelah musibah penonton yang meninggal akibat selfie saat banteng lewat.

Mount Hua, China
Tempat ini sangat riskan bagi para pendaki untuk mengambil foto selfie. Sudah ada lebih dari 100 musibah yang terjadi di Gunung ini.

Plitvice Lakes National Park, Kroasia
Sekilas danau ini tak terlihat berbahaya tapi pada tahun 2015, seorang Turis tergelincir ke dalam danau saat hendak selfie dan meninggal dunia. Setelah tragedi itu, petugas menertibkan para wisatawan untuk tak selfie di sana.

Grand Canyon, Amerika Serikat
7 Destinasi Rawan untuk SelfieGrand Canyon. (Istockphoto/Mauhorng)

Grand Canyon adalah salah satu lokasi wisata favorit di Amerika Serikat, sehingga banyak wisatawan yang datang ke sini dan menghabiskan waktu dengan selfie. Namun setiap tahun ada sekitar 12 kasus kematian di Grand Canyon saat hendak berfoto selfie.

Machu Picchu, Peru
7 Destinasi Rawan untuk SelfieMachu Picchu. (Dok. Farchan Noor Rachman)

Salah satu lokasi paling eksotis di dunia ini merupakan pedang bermata dua bagi wisatawan, batu-batu kuno di sini cukup licin dan pernah menelan korban jiwa. Pihak pengelola Machu Picchu akhirnya tak membenarkan selfie di tebing demi keselamatan.
[Gambas:Video CNN] (vvn/agr)