5 Penyebab Muntah Saat Sikat Gigi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 04:12 WIB
5 Penyebab Muntah Saat Sikat Gigi Ilustrasi. Bagi sebagian orang, menyikat gigi kerap timbulkan rasa ingin muntah. (Foto: Istockphoto/nensuria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa orang kerap alami mual, tersedak, bahkan muntah saat sikat gigi. Melansir New York Times, hal ini juga kerap dialami oleh pembaca bernama Jude. Ia cemas karena selalu ingin muntah setiap kali menggosok gigi di pagi hari. Jude ketakutan bila hal ini ada kaitannya dengan masalah lain dalam mulut atau tenggorokannya.

Menanggapi kecemasan Jude, spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Ruhengeri Dr Rachna Pande menjabarkan sejumlah penyebab mengapa banyak orang yang muntah saat menyikat gigi.

1. Sensitif


Menurut Pande, beberapa orang memiliki tenggorokan yang sensitif sehingga benda yang masuk ke tenggorokan dapat membuat orang tersebut lebih mudah tersedak bahkan mengalami sensasi muntah. Termasuk pasta gigi yang telah bercampur air dan tak sengaja mengalir ke tenggorokan. Tak ada cara khusus untuk menangani tenggorokan sensitif, Anda hanya perlu lebih pelan saat menyikat gigi.


2. Iritasi

Terlalu kuat menggosok gigi dapat menyebabkan sikat gigi masuk dan mengiritasi tenggorokan. Selain menyikat dengan perlahan, risiko iritasi akibat sikat gigi juga dapat dikurangi dengan cara memilih sikat gig yang pas di mulut, baik ukuran maupun kelembutan bulu sikat.

3. Minuman

Beberapa minuman dapat menciptakan sensasi mual, yang mungkin berdampak pada munculnya rasa ingin muntah saat sikat gigi. Minuman tersebut ialah kopi dan teh, yang keduanya kerap dikonsumsi di pagi hari.

4. Obat

Selain minuman, konsumsi sejumlah obat juga dapat memicu rasa mual seperti seperti NSAID atau dispepsia.

5. Psikologis

Bila sensasi mulai tak juga hilang, bisa jadi penyebabnya adalah faktor psikologis. Saat busa pasta gigi mulai memenuhi mulut, saat itu pula perasaan ingin muntah saat sikat gigi muncul, padahal tak ada penyebab khusus. Faktor psikologis juga membuat orang kerap batuk-batuk di akhir sesi menyikat gigi.

(ayk/ayk)


BACA JUGA