Bebas Polio, Syarat Baru Urus Visa ke Italia

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 13:19 WIB
Kini salah satu syarat tambahan membuat visa Schengen ke Italia bagi turis Indonesia ialah surat keterangan vaksin bebas polio. Colosseum di Roma, Italia. (Istockphoto/venuestock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Italia merupakan salah satu negara yang bisa dikunjungi turis Indonesia dengan menggunakan visa Schengen. Namun per Oktober 2019, salah satu syarat mengajukan visa Schengen ke Italia bertambah.

Dikutip dari keterangan VFS Global pada Senin (18/9), salah satu syarat tambahan membuat visa Schengen ke Italia bagi turis Indonesia ialah surat keterangan vaksin bebas polio.

Aturan baru tersebut ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan ltalia dan Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama lnternasional, serta Kedutaan Besar Italia yang ingin menekan potensi penyebaran virus polio dari pendatang yang berkunjung ke Italia.



"Pemohon visa di lndonesia (yang telah tinggal di negara ini paling tidak 4 minggu) agar melengkapi permohonan visanya, selain dengan dokumen pendukung yang diminta, juga dengan "lnternational Certificate of Vaccination or Prophylaxis", yang menyatakan bahwa pemohon visa telah menerima dosis vaksin polio antara 4 minggu sampai 12 bulan sebelum rencana keberangkatan mereka," tulis keterangan resmi tersebut.

Syarat tambahan tersebut berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2019. Apabila nekat mengajukan permohonan visa Schengen ke Italia tanpa surat keterangan vaksin bebas polio maka permohonan visa tidak diterima.

Selain surat keterangan vaksin bebas polio dari rumah sakit, syarat mengajukan visa Schengen ke Italia masihlah sama.


Selain mengisi formulir visa dan dokumen pendukung lainnya, yang paling penting ialah turis Indonesia juga wajib menyertakan rekening koran selama tiga bulan terakhir serta asuransi perjalanan dengan biaya tanggungan minimal 30 ribu euro.

Untuk kunjungan wisata jangka pendek, turis dewasa dikenakan biaya Rp956 ribu per orang, sementara turis anak 6-12 tahun dikenakan biaya Rp565 ribu per orang, sedangkan turis anak di bawah enam tahun tidak dikenakan biaya.

Informasi mengenai persyaratan visa Schengen ke Italia bisa diketahui lebih lanjut melalui situs resmi Kedutaan Besar Italia di Indonesia atau VFS Global yang menjadi kantor perwakilan pengurusan visa di Indonesia.

Sedangkan informasi mengenai harga vaksin polio bagi dewasa dan anak untuk syarat visa Schengen ke Italia bagi turis Indonesia bisa diketahui melalui rumah sakit terdekat.

(ard/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK