India Ceraikan Pasangan Katak Karena Turunkan Hujan Lebat

tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 11:18 WIB
India Ceraikan Pasangan Katak Karena Turunkan Hujan Lebat ilustrasi katak (Jim McGuire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepasang katak yang telah resmi menikah terpaksa diceraikan oleh masyarakat di India. Katak yang sedang 'dimabuk cinta' itu diceraikan lantaran terlalu banyak membawa hujan.

Masyarakat di Desa Bhopal, India percaya menyatukan dua katak dengan mengawinkan mereka dapat membuka langit dan menurunkan hujan. Perkawinan katak dipercaya dapat menyenangkan Dewa Hujan, Indra.

Kelompok Om Shiva Sewa Shakti Mandal lalu mengawinkan sepasang katak untuk mendatangkan hujan di tengah kemarau panjang. Mereka membuat upacara simbolis untuk mengawinkan katak tersebut pada 19 Juli 2019 lalu.



Pernikahan katak itu disebut berhasil mendatangkan hujan. Namun, tampaknya cinta katak itu begitu kuat sehingga hujan yang turun terlampau deras dan tak berhenti-henti.

Untuk mengatasi hujan yang terus menerus, kelompok yang mengawinkan sepasang katak tersebut harus menceraikan para katak.

"Doa-doanya dijawab dalam beberapa hari ketika musim hujan mulai menggiring kekuatannya ke Bhopal. Tetapi dengan hujan yang kini berubah menjadi destruktif, ritual lain untuk memisahkan pasangan katak di hadapan dewa dilakukan pada hari Rabu dengan harapan untuk mengakhiri mantra abadi dari hujan yang merusak," kata salah satu anggota kelompok itu kepada The New Indian Express.

Diberitakan Metro, upacara simbolik perceraiaan katak ini digelar di kuil Siwa. Dua ekor katak tanah liat diletakkan di depan patung Siwa. Mereka lalu dipisahkan satu sama lain dengan iringan nyanyian berupa mantra. (ptj/chs)