Kenali Psoriasis Arthritis Seperti yang Diidap Kim Kardashian

tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 12:02 WIB
Kenali Psoriasis Arthritis Seperti yang Diidap Kim Kardashian Kim Kardashian bukan menderita lupus tapi radang sendi alias psoriasis. (REUTERS/Eduardo Munoz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barangkali Kim Kardashian kini tak perlu merasa takut berlebihan pascavonis lupus minggu lalu. Pasalnya, Kim 'hanya' mengalami radang sendi, bukan lupus. Hal ini terungkap dalam episode Keeping Up with the Kardashian.

Istri Kanye West ini mengunjungi dokter karena keluhan sakit pada tangan dan lengan. Namun dokter mengungkapkan bahwa ini sebenarnya radang sendi atau psoriasis arthritis, tipe radang yang disebabkan oleh psoriasis, bukan lupus.

"Anda tidak memiliki lupus dan rheumatoid arthritis (reumatik). Jadi, Anda bisa tenang. Anda mungkin punya psoriasis arthritis karena psoriasis datang dan pergi," kata dokter yang menangani Kim dikutip dari Metro.


Melansir dari Mayo Clinic, psoriasis arthritis timbul saat sistem imun tubuh mulai menyerang sel dan jaringan yang sehat. Kemudian timbul peradangan pada sendi juga produksi sel kulit berlebihan.


Tidak diketahui penyebab pasti sistem imun malah menyerang jaringan sehat, tetapi para ahli meyakini ini berhubungan dengan genetik dan faktor lingkungan. Mereka yang mengalami radang sendi atau psoriasis biasanya keluarga pun memiliki riwayat serupa. Faktor pemicu lain adalah infeksi bakteri.

Kim KardashianFoto: Emma McIntyre/Getty Images for MTV/AFP
Kim Kardashian


Penting untuk mengenali gejala awal sehingga bisa segera ditangani. Gejala-gejala radang sendi antara lain, kulit kering, rasa sakit dan kaku pada sendi, nyeri di salah satu sisi tubuh, jari bengkak, nyeri telapak kaki, kerusakan pada kuku jari tangan dan jari kaki, mudah lelah, masalah mata dan kecacatan terutama pada jari.

Kulit kering bukan diartikan jenis kulit kering seperti yang umum ditemui tetapi kulit kering khas pasien psoriasis yang terlihat seperti bersisik. Berawal dari kulit kering, kulit pasien timbul bercak merah dan pada bagian atas berwarna agak keperakan.a Biasanya psoriasis arthritis diawali dengan psoriasis, tetapi ada pula yang nyeri sendi terlebih dahulu baru disusul psoriasis arthritis.

Selain itu, terdapat masalah sendi. Sendi terasa kaku dan nyeri. Kadang sendi berwarna merah dan hangat ketika disentuh. Kadang nyeri pada sendi dikira reumatik.


Akan tetapi satu gejala yang membuat dokter mengamini bahwa pasien mengalami psoriasis arthritis ialah adanya jari yang bengkak. Sekitar 40 persen pasien mengalami bengkak di jarinya. Ini jadi pembeda penyakit arthritis lain. Bengkak terjadi akibat peradangan pada tendon di sepanjang jari tangan maupun kaki.

Bila menemui gejala-gejala ini, sebaiknya segera ke dokter untuk mencegah kerusakan sendi lebih parah. Dokter akan melakukan pengobatan untuk mengatasi peradangan dan mencegah kelumpuhan. (els/chs)


ARTIKEL TERKAIT