5 Tips Nikmati Festival Bir 'Oktoberfest' di Jerman

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 20:07 WIB
5 Tips Nikmati Festival Bir 'Oktoberfest' di Jerman Perayaan Oktoberfest 2018 di Munich, Jerman. (REUTERS/Andreas Gebert)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berawal dari pesta pernikahan raja dan ratu di Bavaria pada 12 Oktober 1810, saat ini Oktoberfest menjadi festival bir tahunan yang dirayakan dengan meriah di seluruh penjuru dunia.

Tahun ini Oktoberfest digelar di Munich pada 21 September - 6 Oktober 2019. Di sana bakal ada tenda-tenda berisi lapak penjual bir dan makanan khas Bavaria yang bisa dikunjungi hingga tengah malam.

Bagi yang berencana berwisata ke Jerman dalam waktu dekat, tak ada salahnya menghibur diri sembari mencicipi ragam kuliner bir lokal di Oktoberfest.


Berikut sejumlah tips datang ke Oktoberfest di Munich:


1. Uang tunai

Siapkan uang tunai untuk menghindari repotnya pembayaran elektronik. Perlu dicatat kalau harga bir saat acara beragam, mulai dari 10,50 euro (sekitar Rp163 ribu) per gelas.

2. Hari kerja

Datanglah di hari kerja untuk menghindari kerumunan turis di akhir pekan. Selain lebih ramai, antrean duduk di meja atau pesan menu juga bakal lebih panjang di Jumat, Sabtu, atau Minggu.

Tenda akan dibuka sejak pukul 9.00 namun baru akan melayani pemesanan menu sejak 10.00.

Keriaan akan berakhir hingga 23.30 pada Senin-Kamis, dan hingga 01.00 pada akhir pekan.

3. Tenda pilihan

Dikutip dari Hostelworld pada Selasa (17/9), tenda yang patut didatangi ialah Augustiner Zelt dan Hackerzelt. Sementara tenda Hofbräuzelt disebut terlalu ramai oleh turis.


4. Di dalam tenda

Di dalam tenda-tenda pengunjung dilarang merokok dan berdiri bergerombol di tengah jalan.

Untuk bisa duduk di meja, pengunjung harus mengeluarkan dana sekitar 25 euro (sekitar Rp388 ribu) per orang, yang sudah termasuk dua liter bir. Jangan lupa berikan tip kepada pelayan yang melayani.

Pengunjung juga sebaiknya duduk manis di meja jika ingin kongko dalam waktu lama sehingga meja tak ditempati orang lain. Pemesanan lebih awal juga dianjurkan. Berbagilah meja dengan pengunjung lain jika memungkinkan.

Kalau tak dapat duduk di dalam tenda, kongko di luar tenda juga tak kalah seru, jadi jangan kecewa duluan.

5. Akses

Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman selama datang ke Oktoberfest. Selain suasana yang bakal gerah, pengunjung juga bakal berjalan kaki jauh karena banyak area yang ditutup dari kendaraan bermotor.

Informasi lebih lanjut mengenai Oktoberfest 2019 bisa diketahui melalui situs muenchen.de

(ard/ard)