Perawatan Wajah Agar Kulit Segar di Pagi Hari

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 08:00 WIB
Perawatan Wajah Agar Kulit Segar di Pagi Hari Jangan abaikan perawatan wajah di pagi hari untuk menutrisi kulit dan terlindung dari radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi kusam (Foto: Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kunci kulit sehat dan bercahaya dimulai dari cara merawat wajah di pagi hari. Kulit akan tampak kusam dan terlihat lelah apabila tidak dirawat dengan tepat dan teratur.

Menemukan produk perawatan kulit harian yang cocok bisa terasa seperti pencarian tanpa akhir. Banyaknya perawatan kulit di luar sana kerap menjadikan sulit untuk menentukan pilihan apa yang harus difokuskan.


Namun, untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat itu sebenarnya hanya bergantung pada langkah dasar perawatan, khususnya di pagi hari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut perawatan dasar di pagi hari agar kulit wajah sehat dan bercahaya.


1. Minum air putih

Perawatan Dasar di Pagi Hari agar Kulit Wajah Sehat BercahayaMinum cukup air penting untuk kesehatan secara menyeluruh karena dapat melancarkan pencernaan, sirkulasi, penyerapan, dan ekskresi  (Foto: AFP PHOTO / GEORGES GOBET)

Mulailah hari Anda dengan meneguk segelas air putih. Jangan tergoda langsung mengonsumsi teh maupun kopi di pagi hari, tapi dengan segelas air putih sebagai perawatan dari dalam. Air putih membersihkan tubuh dan kulit dari racun sehingga menghindarkan kulit dari kering dan kusam.

Banyak orang percaya dengan memperbanyak minum air putih, kulit menjadi semakin bercahaya. Mereka yang berjerawat pun mengaku mendapatkan hasil yang serupa. Meski hasilnya tidak dapat dirasakan dalam semalam, namun dengan asupan air yang cukup dalam beberapa minggu saja kulit akan merasakan hasilnya.

Mulai lah dengan segelas air putih setelah bangun tidur, air putih hangat sangat direkomendasikan.

2. Cuci muka

Perawatan Dasar di Pagi Hari agar Kulit Wajah Sehat BercahayaCucilah muka dua kali sehari pada malam menjelang tidur dan pagi sebelum beraktivitas. Membersihkan muka di pagi hari berguna untuk menghilangkan residu skincare malam dan minyak wajah (Foto: Istockphoto/skynesher)

Membersihkan wajah tak hanya dilakukan sebelum tidur. Meski pada malam hari sudah membersihkan dan melakukan perawatan, pagi harinya wajah juga harus dibersihkan untuk menghilangkan penumpukan produk skincare dan minyak berlebih semalaman, sekaligus membuat segar dan melembutkan kulit.

Disarankan untuk memilih pembersih dengan pH rendah yang menenangkan yang tidak mengiritasi kulit. Pijat wajah dengan lembut dengan gerakan memutar dan bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dengan menepuk lembut menggunakan dengan handuk bersih.


3. Toner
Setelah wajah bersih, aplikasikan toner yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan abaikan penggunaan toner karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk wajah. Toner membantu melapisi kulit, mempercepat produk skincare menembus ke dalam lapisan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

Selain itu, toner juga berfungsi untuk menghilangkan sisa minyak dan kotoran dari pembersih. Hindari toner yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit semakin kering. Oleskan secukupnya di wajah secara merata dan biarkan cairannya meresap ke kulit Anda.

4. Moisturizer
Moisturizer berguna sebagai lapisan pelindung kulit yang dapat mengunci keseimbangan kelembapan wajah. Dengan wajah yang lembap akan memberikan tekstur kulit lembut dan halus. Moisturizer yang terdengar seperti pelembap akan memberi kesan 'menakutkan' bagi pemilik wajah berminyak. Padahal moisturizer tak hanya diperuntukkan bagi jenis kulit kering atau sensitif saja.

Bagi kulit berminyak, pilih pelembap berbahan dasar air dan noncomedogenic, sementara orang dengan kulit kering gunakan yang berbahan dasar krim yang rich.

Ketika mengaplikasikan moisturizer sebagai cara perawatan wajah pagi hari, oleskan hingga merata kemudian pijat-pijat kecil ke arah atas sampai pelembap terserap sempurna.


5. Tabir surya
Perawatan Dasar di Pagi Hari agar Kulit Wajah Sehat BercahayaSelalu gunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV matahari. (Foto: Istockphoto/bymuratdeniz)
Matahari adalah faktor perusak kulit paling berat yang bisa berujung pada kanker kulit. Supaya kulit wajah terlindungi dari sinar matahari, gunakanlah sunscreen sebelum menggunakan riasan di wajah. Sunscreen dapat membantu kulit wajah terlindung dari sinar UV yang mengakibatkan kulit kusam dan mencegah kerusakan lainnya seperti keriput, garis-garis halus, dan flek, dan hiperpigmentasi.

Pilih lotion tabir surya minimal ber-SPF 30 untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV dari matahari yang berbahaya, sekalipun cuaca di luar sedang mendung. Namun hindari menggunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 50 karena akan membuat kulit berminyak dan berisiko menyumbat pori yang bisa menimbulkan jerawat.

Ambil sunscreen secukupnya dan oleskan dengan lembut pada permukaan kulit wajah dan leher hingga merata.

6. Sarapan sehat

Perawatan Dasar di Pagi Hari agar Kulit Wajah Sehat BercahayaSarapan pagi tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga meningkatkan kecantikan kulit. Seperti oatmeal yang rendah indeks glikemiknya yang bisa menekan pertumbuhan jerawat dan menjadikan kulit lebih bersih. (Foto: Pixabay/iha31)

Jika Anda memiliki kebiasaan melewatkan sarapan, sudah saatnya menghentikan kebiasaan itu karena merupakan . Sarapan sehat di pagi hari adalah cara merawat wajah di pagi hari, mendapatkan kulit yang sehat sekaligus menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Sarapan tidak harus dengan makanan berat, bisa diganti dengan oatmeal yang dicampur dengan irisan buah-buahan segar. Sarapan oatmeal dapat membantu melembapkan kulit, menghilangkan jerawat, dan mencegah kulit kering.

7. Lakukan eksfoliasi

Perawatan Dasar di Pagi Hari agar Kulit Wajah Sehat BercahayaLakukan eksfoliasi sebagai perawatan mingguan untuk mengikis sel kulit mati. Jangan lupa aplikasikan pelembap agar mengurangi efek kering dan iritasi. (Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)

Kulit terus-menerus menghasilkan jutaan sel kulit setiap hari, namun terkadang sel itu menumpuk di permukaan kulit dan membutuhkan bantuan supaya hilang. Eksfoliasi atau pengelupasan menghilangkan sel-sel kulit mati yang telah menumpuk di pori-pori. Bagi kulit yang berkomedo atau berjerawat, jangan lupakan tahapan satu ini.

Eksfoliasi tidak perlu dilakukan setiap hari atau terlalu sering karena dapat merusak kulit. Sebagian besar ahli dermatologi menyarankan untuk melakukan pengelupasan satu hingga tiga kali seminggu. Namun perhatikan, apabila terdapat jerawat yang meradang, lebih baik tunda untuk mengeksfoliasi agar kondisinya tidak semakin buruk.

Pengelupasan dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan kesat, jadi penting untuk mengaplikasikan pelembap setelah tahapan ini. Terdapat dua metode eksfoliasi:

- Pengelupasan fisik (physical exfoliation): Metode pengelupasan fisik menggunakan scrub, waslap, dan sikat untuk mengikis kulit mati. Pengelupasan fisik cocok untuk kulit kering. Dapat juga melakukan mikrodermabrasi di dokter kulit.

- Pengelupasan kimia (chemical exfoliation): Metode ini paling agresif karena lebih efektif untuk masuk jauh ke dalam pori-pori. Pengelupasan ini menggunakan bahan kimia seperti alpha dan beta hydroxy acids (AHA dan BHA) yang cocok untuk jenis kulit berminyak.

Setelah mengetahui tahapan perawatan kulit dan manfaatnya, apakah Anda akan melakukan perubahan kebiasaan di pagi hari? Tak ada salahnya untuk menerapkan perawatan wajah di pagi hari demi kulit sehat dan bercahaya. Selamat mencoba, Ladies.

(yul/fef)


BACA JUGA