Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 11:01 WIB
Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Setiap Hari Ilustrasi berlari -- salah satu olahraga yang bisa dilakukan tiap hari. (maxmann/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga adalah aktivitas fisik yang tak bisa dimungkiri memberikan manfaat positif bagi tubuh jika dilakukan secara rutin. Orang yang aktif terbukti lebih besar terhindar dari serangan penyakit jantung.

Berita baiknya adalah 82 persen penyakit jantung dapat dicegah dengan berolahraga setiap hari. Jangan berpikir bahwa olahraga sama dengan melakukan aktivitas fisik yang berat dan mahal.

Melakukan aktivitas ringan seperti menyapu, membersihkan rumah dan kebun, serta mencuci piring bisa menjadi kegiatan fisik yang mudah dilakukan. Pada intinya, tubuh hanya membutuhkan aktivitas fisik setiap hari.

Setiap orang, disarankan untuk melakukan olahraga minimal 20 menit per harinya. Seorang pakar kebugaran di New York Kimberly Watkins mengatakan setiap orang harus setidaknya harus melakukan satu set latihan fungsional setiap hari.


"Melakukan olahraga di tempat saat bangun tidur selama lima menit atau 60 detik per gerakan dapat mendistribusikan aliran darah ke otot, melumasi sendi, dan meningkatkan metabolisme," ujarnya dilansir dari The Active Times.

Watkins menyarankan untuk melakukan latihan berikut ini setiap hari untuk membuat tubuh tetap sehat, bugar, dan bahagia seumur hidup.

1. Berjalan
Apabila Anda tidak sempat melakukan olahraga, gunakan kesempatan yang dimiliki dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh, misalnya ketika akan ke kantor. Anggaplah jalan kaki sebagai olahraga.

2. Push up
Push up berfungsi mengencangkan otot pada bagian tubuh tertentu. Olahraga ini dilakukan dengan menitikkan beban di lengan dan kaki.

3. Squat
Latihan ini dilakukan dengan cara jongkok dan bertumpu pada kedua kaki yang berfungsi untuk mengencangkan otot.

"Jongkok memaksa otak untuk aktif berpartisipasi," ujar Watkins.
Anda bisa melakukannya dengan cara menyender di dinding agar punggung tetap tegak lurus.

4. Sit up
Latihan ini bisa Anda lakukan saat waktu senggang untuk mengencangkan otot perut. Anda juga bisa menggunakan beban yang ditempatkan pada kaki untuk memaksimalkan olahraga tersebut.

5. Plank
Plank adalah latihan yang menjaga posisi berat tubuh yang ditahan oleh kedua tangan dan jari kaki. Plank sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut buncit dan mengurangi rasa sakit punggung jika dilakukan secara rutin.

Dalam rangka memperingati World Heart Day, Yayasan Jantung Indonesia bekerja sama dengan Transmedia menyelenggarakan Jakarta Heart Bike 2019. Acara fun bike 20 KM ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan jantung.

Simak selengkapnya di sini: https://www.loket.com/event/JakartaHeartBike2019 (dei/fef)