Pisau Meteorit dan Baja Anthony Bourdain Bakal Dilelang

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 19:23 WIB
Pisau Meteorit dan Baja Anthony Bourdain Bakal Dilelang Anthony Bourdain (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepeninggal Anthony Bourdain, karya dan peninggalan lainnya masih tersimpan rapi dalam ingatan para penggemar dan dunia kuliner.

Baru-baru ini Culinary Institute of America (CIA) mengumumkan bahwa beberapa barang pribadi Bourdain bakal dilelang.

Menurut The New York Times, lebih dari 200 buah barang pribadi Bourdain akan dijual secara online pada bulan Oktober 2019 di rumah lelang Lark Mason.


Beberapa barang yang akan dilelang antara lain karya seni, meja tulis abad pertengahan, buku, buku catatan, dan manuskripnya.


"Benda-benda dalam lelang ini mencakup seluruh koleksi dan juga barang di rumah," kata juru bicara Lark Mason kepada Food and Wine.

"Koleksi seninya sendiri adalah benda dari seniman favoritnya misalnya Ralph Steadman, Brad Philips, dan John Lurie."

Hanya saja, bukan cuma itu yang bakal dilelang. Barang paling unik yang bakal dilelang dan diharapkan bisa dijual dengan harga tinggi adalah pisau meteorit dan baja yang dibuat oleh ahli pisau Bob Kramer.

[Gambas:Instagram]

"Saya mungkin harus bekerja shift siang untuk membelinya. Tapi saya sekarang sudah punya pisau Kramer," tulis Bourdain di akun Instagramnya pada 2016 lalu.

"Kualitas samurai dari 800 lapis meteorit dan baja yang tempa. Saya berencana duduk di sini dan menatapnya beberapa hari sebelum membawanya keluar."

Mason memperkirakan nilai 215 barang lelang ini berkisar antara US$200-400 ribu. Dari hasil lelang tersebut, 60 persennya akan diberikan kepada istri dan anak perempuan Bourdain. Sisanya akan diberikan untuk beasiswa Anthony Bourdain Legacy.


Beasiswa ini merupakan kerjasama antara koki Eric Ripert, Jose Andres dengan Culinary Institute of America (CIA), almamater Bourdain.

"Anthony Bourdain membuka dunia makanan dan budaya yang berbeda melalui cerita yang brilian," kata Tim Ryan, Presiden CIA saat itu dikutip dari Food and Wine. (chs)