5 Kiat Masak ala Chef Agar Masakan Rumah Terasa Lezat

dir & Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 14:17 WIB
5 Kiat Masak ala Chef Agar Masakan Rumah Terasa Lezat Ilustrasi. Cara memasak yang tepat menentukan 'kesuksesan' sebuah masakan. (Foto: Todd Quackenbush)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasak bisa menjadi kegiatan yang 'gampang-gampang susah'. Tak sedikit orang yang alami kegagalan dalam memasak. Entah kelebihan atau kekurangan bumbu, tekstur daging yang alot, hingga kegosongan pada masakan.

Walau begitu, memasak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan dengan teknik memasak yang tepat. Sehingga siapapun bisa memasak dengan hasil yang enak, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Berikut kiat memasak ala Chef Juna Rorimpandey agar hasil masakan terasa enak.



1. Perhatikan api

Banyak orang sering memasak dengan api besar agar makanan yang diolah cepat matang. Padahal, penggunaan api sedang secara konsisten dapat mengurangi risiko masakan gosong.

"Api besar tak selalu bagus. Ada baiknya untuk menjaga konsistensi dari api itu sendiri," katanya saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (20/9).

2. Daging yang segar

Daging apapun termasuk ayam, sapi, dan ikan, pilihlah yang masih segar. Menurut Chef Juna, daging segar memiliki protein yang paling tinggi dan menghasilkan tekstur yang empuk. Bila menggunakan daging beku, tunggu sampai daging kembali ke suhu ruangan agar tidak alot.

3. Tekstur daging

Pada daging ayam, kata Chef Juna, ada beberapa bagian yang bisa Anda pilih. Bagian dada ayam memiliki tekstur yang lebih kenyal. "Tapi soal rasa, paha atas memiliki rasa yang paling enak," jelasnya.

4. Durasi memasak

Bahan-bahan tertentu perlu diolah dengan durasi yang berbeda. Contohnya ketika mengolah ayam dan udang. Saat memasak ayam, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memastikan ayam benar-benar matang. Alasan daging ayam harus benar-benar matang karena daging ayam mengandung banyak bakteri dan virus, terutama salmonella. Namun jika Anda memasak udang, janganlah memasaknya terlalu lama agar tidak alot.

"Jangan masak udang hingga overcook, nanti teksturnya seperti karet," katanya menjelaskan.


5. Memasak dengan perasaan

Ia juga menyarankan untuk menggunakan perasaan saat memasak. Ini dapat memberikan dampak baik pada makanan yang dibuat.

"Orang harus gunakan feeling buat lihat apakah ini sudah matang atau memperkirakan api, apakah terlalu besar atau terlalu kecil, hingga merasakan apakah bumbu sudah pas atau belum." (ayk)