Cara Mengabadikan Foto Persimpangan Shibuya

CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 19:06 WIB
Cara Mengabadikan Foto Persimpangan Shibuya Persimpangan Shibuya di Jepang. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sering disebut sebagai jalanan paling sibuk di dunia, ribuan pejalan kaki melintasi persimpangan Shibuya setiap harinya.

Di persimpangan Shibuya ada 10 jalur lalu lintas dan lima penyeberangan utama yang menyatu dengan latar belakang bangunan berlampu neon di jantung kota Tokyo.

Persimpangan Shibuya menjadi panggung utama acara hitung mundur Malam Tahun Baru yang terinspirasi Times Square di New York, dan merupakan titik fokus untuk perayaan Halloween, salah satu atraksi wisata yang populer beberapa tahun belakangan ini.


Bersama dengan Stasiun Shinjuku, Stasiun Shibuya di distrik ini mendapat kehormatan sebagai salah satu stasiun kereta tersibuk di dunia.

Menghubungkan kereta ke daerah-daerah populer seperti Shinjuku, Harajuku dan Roppongi, hampir tidak mungkin untuk melewatkan Shibuya saat berkunjung ke Jepang.

Film 'The Fast and The Furious: Tokyo Drift' menggunakan persimpangan Shibuya sebagai lokasi syuting kebut-kebutan mobilnya.

Penggemar Scarlett Johansson dan Bill Murray mungkin juga teringat adegan film 'Lost in Translation' yang menampilkan lautan payung di tengah persimpangan.

Dan dalam film 'Battle Royale', persimpangan Shibuya berdiri sebagai lanskap kota futuristik.

Foto atau video pemandangan persimpangan Shibuya menjadi salah satu dokumentasi yang diburu turis saat berwisata ke Jepang. Namun pemandangan ini sangat sulit diambil.

Berikut rekomendasi sejumlah tempat untuk mengabadikan foto atau video persimpangan Shibuya:


1. Magnet

Sejauh ini tempat paling populer untuk mengambil foto atau video persimpangan Shibuya adalah gedung pusat perbelanjaan Magnet.

Berdiri langsung di atas persimpangan, bangunan ini menawarkan sudut yang paling indah.

Buka setiap hari mulai pukul 11.00-23.00, biaya masuknya bervariasi sejak dibuka pada tahun 2018, tetapi akhir-akhir ini masuk ke sana tidak dikenakan biaya.

Dek di dalamnya dilengkapi dengan kamera yang, dengan biaya murah, dapat disinkronkan ke ponsel pengunjung untuk mengambil foto atau video persimpangan Shibuya.

Sayangnya platform ini tidak dapat diakses oleh kereta bayi atau kursi roda.

2. Jembatan Stasiun Shibuya

Sementara persimpangan tidak langsung terlihat dari kereta, sebuah jembatan di Stasiun Shibuya di seberang jalan menawarkan perspektif yang unik, dan itu yang paling mudah diakses.

Untuk masuk ke area stasiun bahkan tidak memerlukan pembelian tiket.

Desain lintas-lubang di jendela membuatnya sedikit lebih sulit untuk menangkap foto atau video yang sempurna, tetapi dengan area yang luas ini adalah tempat yang mudah untuk mendokumentasikan persimpangan Shibuya.

3. Gedung Shibuya Hikarie

Gedung Shibuya Hikarie, yang memiliki kantor, toko, dan teater, adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat lebih banyak sudut distrik ini.

Dari lantai 11, pemandangan persimpangan Shibuya terlihat sangat apik.

Platform ini dapat diakses dan terbuka untuk umum.


4. Shibuya Excel Hotel Tokyu

Shibuya Excel Hotel Tokyu menawarkan pengambilan termegah dari persimpangan Shibuya dengan pemandangan lengkap dari setiap sudut.

Secara resmi, hotel ini hanya bisa dimasuki oleh tamu hotel, tetapi mengingat popularitasnya, hotel ini mengizinkan pengunjung dari restorannya naik ke lantai 25.

5. Shibuya Sky

Shibuya Sky, gedung pencakar langit berlantai 47 merupakan yang tertinggi di Shibuya. Dek atapnya akan menampilkan pemandangan 360 derajat ke seluruh sudut Shibuya, termasuk ke persimpangannya.

Ketika dibuka pada bulan September 2019, gedung ini langsung menjadi salah satu destinasi wisata foto paling populer di Jepang.

6. Di tengah persimpangan Shibuya

Tapi tempat terbaik mengambil foto atau video persimpangan Shibuya ialah di tengah jalanan itu sendiri.

Orang-orang yang melintas, badut promosi, dan sinar dari layar neon memberikan karakter persimpangan Shibuya itu sendiri, yang sulit digambarkan jika mengambil dokumentasi dari atas atap.

(ard/ard)