Makanan Indonesia Kalahkan Fast Food di Aplikasi Pesan Antar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 16:03 WIB
Makanan Indonesia Kalahkan Fast Food di Aplikasi Pesan Antar Ilustrasi. Makanan Indonesia lebih banyak dipesan di aplikasi layanan antar pesan daripada makanan cepat saji. (FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan Indonesia jadi yang paling banyak dipesan melalui aplikasi pesan antar seperti GoFood dan GrabFood. Pesanan makanan Indonesia mengalahkan jumlah pesanan fast food atau makanan cepat saji.

Angka ini diketahui dari survei teranyar Nielsen Singapura berjudul "Understanding Indonesia's Online Food Delivery Market". Riset ini menggambarkan kebiasaan orang Indonesia membeli makanan menggunakan layanan aplikasi pesan antar.

Hasil survei menunjukkan, rata-rata orang yang membeli makanan lewat aplikasi pesan antar memesan makanan sebanyak 2,6 kali per minggu.


Makanan yang paling banyak dipesan adalah makanan Indonesia sebanyak 82 persen responden. Diikuti makanan cepat saji sebanyak 80 persen.

Sebanyak 49 persen juga memesan minuman seperti kopi, teh, dan minuman bubble. Lalu, makanan Asia dipesan oleh 42 persen responden.

Jenis makanan penutup, termasuk roti dan manisan diminati sebanyak 41 persen. Sedangkan makanan barat seperti piza dan pasta hanya dipesan 25 persen responden saja.

Jika dilihat berdasarkan harga atau pengeluaran rata-rata, makanan barat menjadi yang paling mahal. Rata-rata responden mengeluarkan Rp104 ribu untuk satu menu western food.

Diikuti makanan Asia Rp93 ribu, makanan Indonesia Rp69 ribu, dan makanan cepat saji Rp62 ribu. Untuk minuman dan makanan penutup cenderung lebih murah dengan masing-masing Rp42 ribu dan Rp56 ribu.

Pemesanan melalui aplikasi pesan antar umumnya terjadi pada siang hari. Konsumen umumnya memesan untuk makan siang sebanyak 52 persen dan makan malam 34 persen.

Sisanya, konsumen membeli untuk camilan malam, sore, sarapan, dan makanan tengah malam. Sebanyak 64 persen pesanan terjadi pada hari kerja dan 36 persen lainnya pada akhir pekan.

Hasil ini didapat berdasarkan survei yang diikuti 1.000 responden berusia 18-45 tahun di kota-kota besar Indonesia yakni Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

Nielsen menganalisis preferensi orang Indonesia menggunakan empat layanan pesan antar makanan berbasis aplikasi yakni GoFood, Grab Food, Berry Kitchen, dan Kulineran. Penelitian ini menggunakan metodologi survei daring dengan margin error 3,1 persen.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)