Luas Bandara Baru di China Setara 97 Lapangan Bola

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 16:31 WIB
Luas Bandara Baru di China Setara 97 Lapangan Bola Bandara Internasional Beijing Daxing. (STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Beijing Daxing (PKX) siap dibuka menjelang ulang tahun kemerdekaan China ke-70 pada 1 Oktober 2019. Saat sudah beroperasi maksimal, bandara ini disebut sebagai bandara terbesar di dunia.

Maskapai penerbangan pelat merah China, China Southern, bakal menghuni bandara ini. Di akhir bulan mendatang, maskapai tersebut berencana melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Beijing Daxing.

Desain Bandara Internasional Beijing Daxing dirancang oleh arsitek kenamaan Zaha Hadid. Bandara ini menempati lahan seluas 700 ribu meter persegi - atau seluas 97 lapangan bola - dengan bentuk bangunan mirip bintang laut.



Walau amat sangat luas, namun Hadid berusaha untuk meminimalisir waktu tempuh penumpang dari satu titik ke titik lainnya.

Dikutip dari CNN Travel pada Senin (23/9), Hadid merancang rute keluar masuk area yang ringkas, sehingga penumpang hanya perlu menghabiskan waktu maksimal delapan menit dari gerbang pemeriksaan sampai ruang tunggu pesawat terjauh.

Bandara yang dibangun dengan dana sebesar US$11 miliar ini diperkirakan bisa menampung hingga 100 juta penumpang dan 2 juta ton kargo per tahunnya setelah beroperasi secara maksimal. Tentu saja pengembangannya akan terus berlanjut setelah dibuka secara resmi.

Tak hanya memiliki arsitektur nan indah, bandara dengan empat landasan pesawat ini juga disematkan dengan beragam teknologi canggih, salah satunya pengoperasian robot layanan penumpang.

Robot-robot tersebut akan memberikan informasi kepada penumpang terkait jadwal penerbangan dan informasi cuaca.


Kereta terminal juga ikut disiapkan, sehingga penumpang transit di bandara ini bisa lebih nyaman dan mudah saat harus berpindah pesawat.

Bagi penumpang yang ingin keluar bandara, kereta bandara juga tersedia dan siap mengantarkan ke pusat kota Beijing dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit.

Bandara Internasional Beijing Daxing berharap bisa melayani penerbangan dari 112 negara di dunia hingga musim semi tahun 2020.

Bandara Internasional Beijing Daxing bukan satu-satunya bandara yang ada di China.

Negara ini memiliki 11 bandara lain yang juga terbilang paling sibuk di dunia.

Pembangunan Bandara Internasional Beijing Daxing dikebut sejak tahun 2014 karena Beijing Capital International Airport (PEK) sudah mengalami kelebihan penumpang.

Pada 2018, lebih dari 100 juta penumpang melewati tiga terminal di sana - menjadikannya bandara tersibuk kedua di dunia, setelah Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta di Amerika Serikat (AS).

China diproyeksikan akan melampaui AS sebagai pasar perjalanan udara terbesar di dunia pada tahun 2022.

(ard/ard)