5 Cara Membuat Slime yang Aman bagi Anak-Anak

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/10/2019 18:16 WIB
5 Cara Membuat Slime yang Aman bagi Anak-Anak Ada berbagai cara membuat slime yang mudah dan aman untuk anak agar terhindar dari alergi (Foto: fujikama/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena slime beberapa tahun terakhir menjadi perhatian di kalangan orang tua di seluruh dunia. Mainan yang amat digandrungi anak-anak ini membuat para orang tua mencari tahu cara membuat slime yang aman dan bebas dari boraks.

Hal ini bukan tanpa dasar. Ternyata beberapa kali ada kejadian buruk yang menimpa si buah hati karena bermain slime.

Salah satunya yang terjadi pada 2017 silam, seorang anak bernama Quinn mengalami luka bakar di tangannya akibat bahan kimia yang terkandung dalam adonan slime.


Seperti yang dilansir dari Live Science, kejadian ini diketahui ketika Quinn sedang bermain slime buatannya sendiri yang dicurigai mengandung banyak boraks, bahan yang umum menjadi campuran slime karena sifatnya yang bisa mengenyalkan.


Boraks merupakan garam mineral yang berbentuk seperti bubuk putih. Biasanya boraks menjadi salah satu bahan pemutih pakaian. Selain untuk bahan pemutih, boraks di Indonesia juga masih dijumpai sebagai campuran dalam makanan seperti mi dan bakso untuk menghasilkan tekstur kenyal dan awet.

Serupa, boraks yang digunakan dalam campuran slime berfungsi supaya adonan kenyal dan dapat dimainkan.

Seperti dilansir zmescience.com, boraks dicampur dengan lem dan sedikit detergen akan menghasilkan sifat panas di kulit. Bahayanya, apabila slime yang 'tidak aman' tersebut terkena kulit anak-anak yang masih tipis masih sensitif, maka akan menghasilkan alergi atau reaksi luar biasa pada kulit, seperti gatal, iritasi, bahkan meninggalkan luka bakar di tangan.

5 Cara Membuat Slime yang Aman bagi Anak-AnakMelatih kemampuan indera untuk mengeksplorasi rasa dan sentuhan anak bisa dengan slime atau pasir kering (Foto: Kaboompics/Pixabay)

Slime sendiri bisa menjadi salah satu pilihan melatih sensorik anak sejak usia dini. Namun, sebagian orang tua beranggapan bahwa slime merupakan media permainan yang tidak aman untuk anak. Padahal tidak selalu begitu. Slime pun bisa menjadi mainan yang aman asal terbuat dari bahan yang aman bagi tubuh.

Daripada mencemaskan bahan slime yang dijual di pasaran, tak ada salahnya sebagai orang tua membuat slime sendiri dengan menggunakan bahan yang aman.

Bahkan membuatnya pun tak perlu waktu lama. Sudah ada alternatif bahan selain boraks untuk membuat slime.

Berikut rangkuman 5 resep cara membuat slime yang mudah dan aman yang bisa dicoba bersama anak. Tak hanya menghasilkan slime yang aman, dengan membuatnya sendiri anak-anak bisa belajar proses pembuatan, mulai dari mengukur bahan-bahan, mencampur, menuangkan, mengaduk, dan menguleni sampai menjadi slime.


Resep pertama
Siapkan:
1. 1/2 cup lem Elmer's, bisa menggunakan varian yang putih atau bening
2. 1/2 sdt baking soda
3. 1-2 sdm cairan kontak lensa (contact lens solution)
4. Baby oil
5. Edicol dye (pewarna makanan) atau glitter
6. Parfum (opsional)
7. Mangkuk kaca atau wadah besar
8. Spatula plastik untuk mengaduk

Cara membuat:
1. Masukkan lem Elmer's ke dalam mangkuk, kemudian campur baking soda dan setetes pewarna. Aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula plastik
2. Tambahkan pewangi atau pewarna seperti glitter untuk membuat slime tampak lebih menarik
3. Campurkan cairan kontak lensa dan aduk hingga mengental. Jangan terlalu banyak menuangkan cairan ini karena akan membuat slime mengeras
4. Terakhir, tuangkan beberapa tetes baby oil dan aduk seperti menguleni adonan. Baby oil bertujuan agar slime tidak lengket di tangan dan membuatnya melar atau stretchy.

[Gambas:Youtube]

Resep kedua
Siapkan:
1. 4 cangkir air hangat (jangan terlalu panas)
2. 2 sdt cairan pencuci piring
3. 4 sendok makan bubuk gelatin
4. Spatula plastik atau sendok untuk mengaduk
5. Mangkuk kaca atau wadah besar
6. Edicol dye (pewarna makanan) atau glitter

Cara membuat slime:
1. Tambahkan bubuk gelatin ke wadah atau mangkuk kaca yang sudah terisi air hangat, aduk hingga rata
2. Tuang cairan pencuci piring, aduk kembali
3. Ketika mulai berbusa dan bergelembung, tambahkan pewarna atau glitter lalu kocok terus selama beberapa menit
4. Setelah itu biarkan selama satu jam atau lebih. Apabila adonan terlalu berat dan tebal, tambahkan saja air dan aduk lagi

Resep ketiga
Siapkan:
1. 60-80 gram Cellmix atau Mix a Paste (lem bubuk)
2. 4-6 liter air dingin
3. Mangkuk kaca atau wadah besar
4. Edicol dye (pewarna makanan) atau glitter
5. Spatula plastik atau sendok untuk mengaduk

Cara membuat:
1. Taburkan bubuk di dalam wadah yang sudah berisi air dingin, kemudian aduk selama 2 menit
2. Tuang sedikit pewarna atau glitter dan/atau parfum agar slime makin menarik
3. Setelah semua tercampur rata, biarkan selama 30 menit
4. Jika menginginkan konsistensi slime yang lebih tebal, cukup tambahkan Cellmix dan aduk lagi.

[Gambas:Youtube]

Resep keempat
Kedua resep di bawah ini merupakan slime yang paling alami, ramah anak, dan aman apabila termakan
Siapkan:
1. Tepung jagung
2. Bubuk kakao
3. Santan
4. Mangkuk kaca atau wadah besar
5. Spatula plastik untuk mengaduk

5 Cara Membuat Slime yang Aman bagi Anak-AnakIde yang bagus apabila membuat mainan yang terbuat dari makanan kesukaan anak seperti cokelat. Slime cokelat jadi aman dimainkan anak-anak yang masih dalam tahap suka mencoba dan memasukkan segala sesatunya ke dalam mulut (Foto: Istockphoto/anna1311)

Cara membuat:
Campurkan semua bahan dan uleni sampai rata. Slime cokelat siap untuk dimainkan

Resep kelima
Siapkan:
1. Marshmallow
2. Tepung jagung
3. Minyak goreng
4. Microwave
5. Mangkuk kaca tahan panas
6. Spatula untuk mengaduk

5 Cara Membuat Slime yang Aman bagi Anak-AnakMarshmallow yang manis dan berwarna cantik ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar slime yang aman, sehingga aman apabila termakan atau tergigit oleh anak (Foto: Soorelis/Pixabay)

Cara membuat slime:
Lelehkan marshmallow dalam microwave kemudian tambahkan tepung jagung dan sedikit minyak goreng, kemudian uleni sampai slime terbentuk.

Itulah 5 cara membuat slime yang mudah dan aman bagi anak. Selain anak memiliki media permainan yang aman untuk melatih sensoriknya, dengan membuat slime sendiri membuat anak mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu, apa pun permainannya, alangkah baiknya setelah bermain ajaklah anak-anak untuk membiasakan mencuci tangan.

(yul/fef)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA