Kudapan Tepat untuk Setiap Jenis Kopi Terbaik Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 07:23 WIB
Kudapan Tepat untuk Setiap Jenis Kopi Terbaik Indonesia Ilustrasi. Karakter kopi menentukan kudapan yang tepat untuk dinikmati bersama. (IT-STUDIO/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Budaya ngopi di Indonesia kian naik daun. Kreasi minuman kopi-kopi terbaik di Indonesia terus menyentuh berbagai kalangan.

Namun, tanpa kudapan, aktivitas ngopi rasanya kurang afdal. Kopi-kopi terbaik seperti Aceh Gayo, Toraja, Kintamani, dan Flores Bajawa bakal semakin mantap jika dinikmati bersama kudapan yang sesuai.

"Saat dinikmati bareng, rasa kopi enggak boleh hilang sama rasa makanan atau kontras," ujar Learning and Development Starbucks Indonesia, Mirza Lukman di Starbucks Reserve, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


Dalam kesempatan tersebut, Mirza merekomendasikan beberapa jenis kudapan yang pas untuk dinikmati bersama kopi-kopi asli Indonesia.

1. Kopi Toraja
Kopi Toraja Sapan yang baru-baru ini dihadirkan Starbucks menawarkan cita rasa rempah khas Nusantara, cokelat, serta semburat rasa asam mirip jeruk nipis dan lemon. Cita rasa itu cocok untuk dinikmati bersama kudapan manis seperti kue kering atau camilan dengan campuran gula aren.

Pisang atau singkong goreng dan kacang rebus bisa menjadi pilihan Anda. "Rasa kopinya enggak bakal kalah sama snack-nya karena rasanya cukup tebal," kata Mirza.

2. Kopi Sumatra
Siapa yang tak kenal dengan kopi Aceh Gayo, Lampung, serta beragam kopi lainnya dari Bumi Andalas? Aroma dan cita rasa yang kuat membuat kopi Sumatra begitu disukai para pencinta kopi.

Dibandingkan dengan wilayah lain, kopi Sumatra memiliki body yang tebal dan keasaman yang rendah. Jika bertandang ke Sumatera, kata Mirza, Anda mesti mencicipi kudapan ombusombus.

"Kopi lokal cocok dengan kudapan setempat, misal ombusombus dimakan bersama kopi Aceh Gayo," kata dia.

Ombusombus merupakan kudapan asli Siborongborong, Tapanuli Utara. Kudapan terbuat dari tepung beras dan gula yang dibungkus dengan daun pisang. Camilan satu ini cocok disajikan selagi hangat. Rasa manis gula bakal menyatu sempurna dengan pahitnya kopi.

Ilustrasi. Setiap kopi terbaik di Indonesia akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersama kudapan yang tepat. (Unsplash/Pixabay)

3. Kopi Bali Kintamani
Kopi Bali Kintamani punya karakter yang jauh berbeda dengan Toraja dan Sumatera. Kopi dari Pulau Dewata ini memiliki karakter ringan dengan tingkat keasaman tinggi.

Daripada mencecap kopi Bali Kintamani bertemankan kentang goreng atau calamary, Mirza lebih merekomendasikan kudapan serba buah sebagai teman ngopi.

"Bisa kue-kue dari buah, sponge cake jeruk misal. Rasanya cocok dengan rasa kopi yang asamnya tinggi," jelasnya.

4. Kopi Flores Bajawa
Kopi dari Indonesia Timur identik dengan cita rasa kuat dan aroma bunga yang hadir di dalamnya.

Namun, belakangan kopi Bajawa memiliki cita rasa yang tak sekuat dulu. Mirza mengatakan, kopi Bajawa kini lebih ramah dengan cita rasa hazelnut, karamel, dan madu.

Cita rasa kopi Bajawa saat ini sangat cocok jika dinikmati bersama dengan kudapan serba manis seperti kukis.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)