Wisata di Hutan Pohon Purba Setinggi Pencakar Langit

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 14:13 WIB
Wisata di Hutan Pohon Purba Setinggi Pencakar Langit Pepohonan Sequioa. (Istockphoto/Ben185)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sequoiadendron giganteum atau Pohon Sequioa adalah pohon terbesar di dunia. Keberadaan pohon purba itu bisa dijumpai di Taman Nasional Sequoia di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat.

Namun perubahan iklim mengancam eksistensi pohon yang bisa tumbuh hingga 2.000 sampai 3.000 tahun lamanya itu.

Oleh karena itu kelompok konservasi dari San Francisco berencana membeli "sepotong area" di Monumen Nasional Sequoia Raksasa yang berada dalam Taman Nasional Sequoia & Kings Canyon,  yang selama ini menjadi habitat pepohonan raksasa tersebut.



Area Alder Creek yang nantinya dibeli bakal diperuntukkan untuk kegiatan ekowisata sekaligus usaha konservasi pepohonan Sequioa yang ada di taman nasional tersebut.

"Jika kami tidak membeli area tersebut, kami tidak akan tahu nasib pepohonan itu di masa depan," kata juru bicara kelompok konservasi Save the Redwoods League, Sam Hodder, seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Selasa (24/9).

"Area tersebut sangat indah. Berjalan di antara pepohonan di sana - yang telah tumbuh seiring peradaban manusia - merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Kami harus menyelamatkan pepohonan tersebut," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Di dalam Monumen Nasional Sequoia Raksasa yang seluas 1.330 kilometer persegi tercatat tumbuh ribuan Pohon Sequioa. Sebanyak 483 di antaranya memiliki diameter batang lebih dari 1,8 meter.

Walau bisa tumbuh hingga ribuan tahun, namun Pohon Sequioa sangatlah rapuh. Perubahan iklim dan kebakaran hutan mengancam kelangsungan hidup mereka di dunia.


Pohon Sequioa yang bisa tumbuh setinggi gedung 26 lantai juga menjadi habitat dari penghuni hutan sekitarnya, mulai dari serangga sampai burung.

Pohon yang ketebalan kulitnya mencapai 900 meter ini akan terus tumbuh sampai mati. Namun reproduksinya hanya sekali selama 20 tahun, sehingga perubahan iklim dan kebakaran hutan amat mengancam pertumbuhannya.

Jika sedang berkunjung ke Monumen Nasional Sequoia Raksasa, jangan lupa untuk mendatangi Pohon Sequioa yang bernama General Sherman, pohon terbesar yang ada di muka bumi.

General Sherman yang setinggi 83 meter dan berdiameter batang 31 meter telah tumbuh di area Giant Forest selama 2.100 tahun, yang juga menjadi habitat lima dari sepuluh pohon terbesar di dunia.

(ard/ard)